?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGEMBANGAN+INSTRUMEN+PENILAIAN+SUSTAINABILITY%0D%0ALITERACY+DENGAN+ANALISIS+MODEL+RASCH+PADA%0D%0AMATERI+PERUBAHAN+IKLIM+BAGI+SISWA+SMP&rft.creator=RIRIN+%2C+ORISKA%09&rft.subject=370+Pendidikan&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengembangkan+instrumen+penilaian+sustainability%0D%0Aliteracy+siswa+pada+materi+perubahan+iklim+bagi+siswa+SMP+yang+valid%2C+reliabel%2C%0D%0Adan+layak+digunakan.+Penelitian+pengembangan+ini+menggunakan+4+tahap%0D%0Apengembangan+yang+diadaptasi+dari+Thiagarajan+et+al.+(1974)%2C+yaitu+(1)+define%3B+(2)%0D%0Adesign%3B+(3)+develop%3B+dan+(4)+disseminate.+Validitas+produk+yang+dilakukan+oleh+dua%0D%0Adosen+ahli+dan+satu+guru+IPA+memperoleh+nilai+81%2C9%25+aspek+konstruksi%2C+77%2C3%25%0D%0Aaspek+substansi%2C+dan+91%2C6%25+aspek+bahasa%2C+sehingga+rata-rata+hasil+validasi+ahli%0D%0Ainstrumen+penilaian+sustainability+literacy+pada+materi+perubahan+iklim+sebesar%0D%0A83%2C6%25+dalam+kategori+sangat+valid.+Selanjutnya+dilakukan+uji+keterbacaan+produk%0D%0Akepada+7+siswa+dan+diperoleh+nilai+91%25+dalam+kategori+sangat+tinggi.+Oleh+karena%0D%0Aitu%2C+instrumen+penilaian+sustainability+literacy+pada+materi+perubahan+iklim+ini%0D%0Adiujicobakan+kepada+60+siswa+dan+di+analisis+menggunakan+model+Rasch.%0D%0AInstrumen+penilaian+dianalisis+berdasarkan+aspek+indikator+sustainability+literacy%0D%0Asehingga+hasil+yang+diperoleh%3A+(1)+8+butir+soal+instrumen+penilaian+aspek%0D%0Apengetahuan+dinyatakan+valid+dan+reliabel+dengan+nilai+alpha+Cronbach+sebesar%0D%0A0%2C86+(bagus+sekali)%3B+(2)+6+butir+soal+instrumen+penilaian+aspek+keterampilan%0D%0Adinyatakan+valid+dan+reliabel+dengan+nilai+alpha+Cronbach+sebesar+0%2C81+(bagus%0D%0Asekali)%3B+dan+(3)+7+butir+soal+instrumen+penilaian+aspek+pola+pikir+dinyatakan+valid%0D%0Adan+reliabel+dengan+nilai+alpha+Cronbach+sebesar+0%2C77+(kategori+bagus).+Produk%0D%0Aakhir+instrumen+yang+dikembangkan+telah+memenuhi+standar+kelayakan+instrumen%0D%0Ayaitu+valid%2C+reliabel%2C+dan+layak+digunakan.%0D%0AKata+kunci%3A+Model+Rasch%2C+Instrumen+Penilaian%2C+Perubahan+Iklim%2C+Sustainability%0D%0A%0D%0ALiteracy&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2024-05-30&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86745%2F1%2F1.%2520ABSTRAK%2520-%2520RIRIN%2520ORISKA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86745%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL%2520-%2520RIRIN%2520ORISKA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86745%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN%2520-RIRIN%2520ORISKA.pdf&rft.identifier=++RIRIN+%2C+ORISKA+++(2024)+PENGEMBANGAN+INSTRUMEN+PENILAIAN+SUSTAINABILITY+LITERACY+DENGAN+ANALISIS+MODEL+RASCH+PADA+MATERI+PERUBAHAN+IKLIM+BAGI+SISWA+SMP.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86745%2F