title: PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SUSTAINABILITY LITERACY DENGAN ANALISIS MODEL RASCH PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM BAGI SISWA SMP creator: RIRIN , ORISKA subject: 370 Pendidikan description: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian sustainability literacy siswa pada materi perubahan iklim bagi siswa SMP yang valid, reliabel, dan layak digunakan. Penelitian pengembangan ini menggunakan 4 tahap pengembangan yang diadaptasi dari Thiagarajan et al. (1974), yaitu (1) define; (2) design; (3) develop; dan (4) disseminate. Validitas produk yang dilakukan oleh dua dosen ahli dan satu guru IPA memperoleh nilai 81,9% aspek konstruksi, 77,3% aspek substansi, dan 91,6% aspek bahasa, sehingga rata-rata hasil validasi ahli instrumen penilaian sustainability literacy pada materi perubahan iklim sebesar 83,6% dalam kategori sangat valid. Selanjutnya dilakukan uji keterbacaan produk kepada 7 siswa dan diperoleh nilai 91% dalam kategori sangat tinggi. Oleh karena itu, instrumen penilaian sustainability literacy pada materi perubahan iklim ini diujicobakan kepada 60 siswa dan di analisis menggunakan model Rasch. Instrumen penilaian dianalisis berdasarkan aspek indikator sustainability literacy sehingga hasil yang diperoleh: (1) 8 butir soal instrumen penilaian aspek pengetahuan dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai alpha Cronbach sebesar 0,86 (bagus sekali); (2) 6 butir soal instrumen penilaian aspek keterampilan dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai alpha Cronbach sebesar 0,81 (bagus sekali); dan (3) 7 butir soal instrumen penilaian aspek pola pikir dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai alpha Cronbach sebesar 0,77 (kategori bagus). Produk akhir instrumen yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan instrumen yaitu valid, reliabel, dan layak digunakan. Kata kunci: Model Rasch, Instrumen Penilaian, Perubahan Iklim, Sustainability Literacy publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-05-30 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/86745/1/1.%20ABSTRAK%20-%20RIRIN%20ORISKA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/86745/2/2.%20SKRIPSI%20FULL%20-%20RIRIN%20ORISKA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/86745/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-RIRIN%20ORISKA.pdf identifier: RIRIN , ORISKA (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SUSTAINABILITY LITERACY DENGAN ANALISIS MODEL RASCH PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM BAGI SISWA SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/86745/