title: PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS GLIDEAPPS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 KALIREJO creator: Anisa , Arum Sabrina subject: 370 Pendidikan description: Pembelajaran abad 21 mulai bertansformasi dari metode konvensional menjadi berbasis digital. Namun sayangnya, masih banyak tenaga pendidik yang masih menggunakan metode konvensional dalam kegiatan pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan kurang tercapainya tujuan pembelajaran, salah satunya adalah kurangnya kemampuan berpikir spasial peserta didik pada mata pelajaran Geografi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjabarkan proses pengembangan e- Modul berbasis GlideApps (2) mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan berpikir spasial setelah penggunaan modul. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan Borg & Gall. Data yang dikumpulkan dalam penelitian berupa data validitas modul elektronik dan hasil pretest dan posttest peserta didik. Hasil penelitian: 1) Produk yang dihasilkan berupa modul elektronik berbasis GlideApps yang valid dan layak setelah melewati beberapa kali uji, yakni uji validasi ahli dengan rata-rata skor 87,2 % (kategori sangat layak), uji validasi praktisi dengan skor 85,3% (kategori sangat layak), uji validasi pengguna dengan skor 84,6% dan 81,78% (kategori sangat layak). 2) Hasil uji t-test pretest dan posttest mendapatkan hasil Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir spasial peserta didik. Modul elektronik berbasis GlideApps layak digunakan sebagai media pembelajaran dan dinilai mampu meningkatkan kemampuan berpikir spasial peserta didik. Kata Kunci: e-modul, glideapps, kemampuan berpikir spasial. 21st century learning is transforming from conventional to digital-based methods. Unfortunately, there are still many educator who still use conventional methods in learning activities. This causes less achievement of learning objectives, one of which is the lack of spatial thinking skill of students in geography subject. This aims of this research is (1) describe the process of developing e-Modules based on GlideApps (2) find out whether or not there is an increase in spatial thinking ability after using the module module. This research is a Research and Development (R&D) with reference to the Borg & Gall development model. The data collected in the study in the form of electronic module validity data and students pretest and posttest results. The results showed that: 1) The resulting product is an electronic module based on GlideApps which is valid and feasible after passing several tests, namely the expert validation test with an average score of 87.2% (very feasible), practitioner validation test with a score of 85.3% (very feasible), user validation test with a score of 84.6% and 81.78% (very feasible). 2) The pretest and posttest t-test results obtained Sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 which shows that there is an increase in students spatial thinking abilities. GlideApps-based electronic modules are suitable for use as learning media and are considered capable of improving students spatial thinking abilities. Keywords : e-modul, glideapps, spatial thinking. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-05-30 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/86746/1/ABSTRAK%20-%20Anisa%20Arum%20Sabrina.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/86746/2/SKRIPSI%20FULL%20-%20Anisa%20Arum%20Sabrina.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/86746/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20Anisa%20Arum%20Sabrina.pdf identifier: Anisa , Arum Sabrina (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS GLIDEAPPS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 KALIREJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/86746/