%A Sifaul Qolbi Rizka %T PENGEMBANGAN INSTRUMEN PERFORMANCE ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI LISTRIK DINAMIS %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kevalidan, reliabilitas, kepraktisan, dan keefektifan instrumen performance assessment dalam pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi listrik dinamis. Jenis penelitian ini ialah penelitian pengembangan (4D) yang menggunakan 4 tahap pengembangan yang diadaptasi dari Thiagarajan (1974). Berdasarkan hasil validasi ahli, instrumen penilaian kinerja bernilai valid dengan rata-rata nilai 91,38% dalam kategori sangat valid. Kemudian instrumen penilaian ini diuji cobakan pada 17 peserta didik dan hasil uji coba lapangan tersebut dianalisis menggunakan model Rasch berbantuan software Ministep 5.6.2.0. Hasil analisis data uji coba diperoleh 16 butir indikator pengamatan instrumen penilaian kinerja yang dinyatakan valid dan reliabel dengan bukti nilai alpha cronbach 0,89 dengan kategori reliabilitas bagus sekali. Uji kepraktisan instrumen penilaian ini menggunakan angket uji kepraktisan dan didapatkan rata-rata presentase penilaian 93,86% dengan kriteria sangat praktis. Sedangkan untuk uji keefektifan dilihat pada hasil uji n-gain dan paired sample t- test, berdasarkan hasil uji n-gain diperoleh skor sebesar 0,63 dengan kategori sedang. Selain itu juga berdasarkan hasil uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikansinya sebesar 0.000 yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah mengerjakan penugasan kinerja. Sehingga dapat diartikan bahwa instrumen performance assessment dalam pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi listrik dinamis efektif digunakan pada proses pembelajaran. Berdasarkan hasil kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan maka instrumen penilaian kinerja yang dikembangkan layak digunakan. Kata kunci : Assessment Performance, Kemampuan Berpikir Kritis, Kontekstual Pengembangan %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints86769