%A NURUL ADHI ASTUTI 0613052036 %J Digital Library %T UP AYA ME NI NGKAT KAN MOTI VAS I BE LAJ AR S I S WA ME NGGUNAKAN L AYANAN B I MB I NGAN KELOMP OK PADA SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 GADINGREJO T AHUN P E L AJ ARAN 2 0 1 0 / 2 0 1 1 %X Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ?Apakah motivasi belajar siswa yang rendah dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa yang rendah dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Subyek penelitian sebanyak 10 siswa kelas XII IPS yang memiliki motivasi belajar rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan Skala Likert. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji t (t-test), dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh t hitung = 16,88 > t = 1,833 maka, Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya motivasi belajar siswa yang rendah dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok. tabel Kesimpulan dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan menggunakan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2010/2011. Saran yang dapat diberikan adalah (1) kepada siswa yang menjadi subyek penelitian agar tetap meningkatkan motivasi belajarnya agar tujuan belajar tercapai, (2)kepada guru Bimbingan Konseling hendaknya layanan bimbingan kelompok dilaksanakan, guna meningkatkan hubungan sosial serta meningkatkan pemahaman siswa, (3)kepada peneliti berikutnya hendaknya dapat melakukan penelitian mengenai masalah motivasi belajar dengan kondisi subyek yang sama, maupun berbeda, namun menggunakan metode yang sama dalam melaksanakan penelitiannya. Kata kunci : Motivasi Belajar, Bimbingan Kelompok %D 2011 %L eprints8678