%A PRATIWI MAYSITHA PUTRI %T PENGEMBANGAN E-MODULE BERBASIS MODEL OBAK PADA MATERI TIPOGRAFI KELAS X SMK DESAIN KOMUNIKASI VISUAL %X Pengembangan modul elekronik berbasis model pembelajaran Observasi, Berpikir Analisis, dan Komunikasi (OBAK) dengan bantuan platform Google Sites. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-Module berbasis Model OBAK pada materi Tipografi kelas X SMK Desain Komunikasi Visual yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK Negeri 5 Bandarlampung. Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Desain uji coba kelompok besar pada penelitian ini menggunakan One Group Pre-test Post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase penilaian oleh ahli materi dan ahli media masing-masing sebesar 95%, uji kepraktisan melalui respons pengguna guru memperoleh 94,1% dan respons pengguna peserta didik uji coba kelompok kecil sebesar 85,75%, serta respons peserta didik terhadap Model OBAK sebesar 86,6%. Hal tersebut termasuk dalam kategori sangat valid. Uji keefektifan dengan menggunakan uji Paired Sample T-test menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa hasil belajar peserta didik antara sebelum dan setelah menggunakan e-Module berbasis Model OBAK memiliki pengaruh atau perbedaan yang signifikan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-Module berbasis Model OBAK pada materi Tipografi layak digunakan dan efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMK Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 5 Bandarlampung. Kata kunci: e-Module, Hasil Belajar, Model OBAK, Tipografi ABSTRACT DEVELOPMENT OF OBAK MODEL-BASED E-MODULE FOR TYPOGRAPHY MATERIAL IN 10TH GRADE OF VISUAL COMMUNICATION DESIGN VOCATIONAL SCHOOL By PUTRI PRATIWI MAYSITHA Development of electronic module based on the Observing, Analytical Thinking, and Communication (OBAK) learning model with the assistance of the Google Sites platform. This research aims to develop an OBAK Model-based e-Module for Typography material for 10th-grade students in the Visual Communication Design program at SMK Negeri 5 Bandarlampung that is valid, practical, and effective in improving student learning outcomes. This research is a developmental study that adapts the ADDIE development model. The large group trial design in this study uses a One Group Pre-test Post-test design. The results show that the assessment percentages by material experts and media experts are 95% each, the practicality test through teacher user responses obtained 94.1%, and student user responses in the small group trial were 85.75%, while student responses to the OBAK Model were 86.6%. This is categorized as very valid. The effectiveness test using the Paired Sample T-test resulted in a significance value of 0.001 < 0.05, indicating that H0 is rejected and H1 is accepted, meaning that there is a significant influence or difference in student learning outcomes before and after using the OBAK Model-based e-Module. Therefore, it can be concluded that the development of the OBAK Model-based e-Module for Typography material is feasible to use and effective in improving the learning outcomes of 10th-grade students in the Visual Communication Design program at SMK Negeri 5 Bandarlampung. Keywords: e-Module, Learning Outcomes, OBAK Model, Typography %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints86798