TY - GEN ID - eprints8680 UR - http://digilib.unila.ac.id/8680/ A1 - 0613052045, Septi Riyani Y1 - 2011/06/17/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah motivasi belajar rendah. Adapun permasalahannya adalah ?apakah motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok pada siswa kelas XI Ak SMK PGRI 4 Sukaramae tahun pelajaran 2010/2011??. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui penggunaan layanan konseling kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen denan desain One-group Pre test ? Post test.Yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 6 orang siswa kelas XI Ak SMK PGRI 4 Sukaramae tahun pelajaran 2010/2011 yang motivasi belajarnya rendah. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok. Adanya peningkatan sesudah diberi perlakuan (konseling) hal ini ditunjukkan dengan uji koefisien korelasi spearman, dari hasil Pre test dan Post test yang diperoleh r hitung = 0,885> r = 0,829 maka, Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya motivasi belajar siswa yang rendah dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok. tabel Saran yang diajukan peneliti kepada (1) siswa sebagai sampel penelitian agar bisa lebih meningkatkan motivasi belajar yang telah terbentuk di dalam diri siswa masing-masing (2) guru bimbingan konseling untuk dapat terampil menggunakan layanan konseling kelompok untuk tetap meningkatkan motivasi belajar siswa (3) para peneliti selanjutnya agar melakukan penelitian mengenai masalah dan subyek yang sama tetapi dengan menggunakan layanan, pendekatan dan teknik yang berbeda. Kata kunci : Motivasi Belajar, Konseling Kelompok TI - UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS X1 AK SMK PGRI 4 SUKARAME TAHUN PELAJARAN 2010/2011 AV - restricted ER -