%A Wela Isti Faria 0613052049 %J Digital Library %T PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010/2011 %X Masalah dalam penelitian ini adalah terdapat konsep diri positif yang rendah pada siswa di sekolah. Permasalahannya adalah apakah konsep diri positif dapat ditingkatkan melalui bimbingan kelompok? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan konsep diri positif siswa melalui bimbingan kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one-group pre test-post test. Subyek penelitian ini berjumlah 10 siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011 yang memiliki konsep diri positif yang rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala konsep diri dan observasi sebagai teknik pendukung. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dari konsep diri positif siswa di sekolah, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji t, dari hasil pre test dan post test diperoleh t = 1,833 dan t hitung = 16,40. Ternyata t hitung > t tabel tabel 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang bermakna bahwa penggunaan bimbingan kelompok dapat meningkatkan konsep diri positif pada siswa di sekolah. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa konsep diri positif dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Saran yang diajukan peneliti yaitu (1) kepada guru Bimbingan dan Konseling untuk dapat menggunakan bimbingan kelompok dalam mengatasi masalah siswa terutama dalam meningkatkan konsep diri positif (2) kepada siswa agar lebih dapat meningkatkan konsep diri positif dengan mengikuti bimbingan kelompok. Kata Kunci : Konsep Diri Positif, Layanan Bimbingan Kelompok %D 2011 %L eprints8682