?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=IMPLEMENTASI+PEMBELAJARAN+STEM-PJBL+BERBASIS%0D%0AEDUCATION+FOR+SUSTAINABLE+DEVELOPMENT+(ESD)%0D%0APADA+TOPIK+GLBB+UNTUK+MENINGKATKAN%0D%0AKEMAMPUAN+BERPIKIR+KREATIF%0D%0A%0D%0ASISWA+SMA&rft.creator=FINKA%2C++NATASYA+NUR+ASHIFA%09&rft.subject=500+ilmu+pengetahuan+alam+dan+matematika&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+implementasi+pembelajaran%0D%0ASTEM-PJBL+berbasis+Education+for+Sustainable+Development+(ESD)+pada+topik%0D%0AGLBB+untuk+meningkatkan+kemampuan+berpikir+kreatif+siswa+SMA+kelas+X%0D%0AMIPA+1+dan+X+MIPA+3+SMAN+2+Gedong+Tataan+tahun+ajaran+2023%2F2024.+Desain%0D%0Apenelitian+yang+digunakan+yaitu+penelitian+kuantitatif+eksperimen+dengan+metode%0D%0AQuasi+Experimental+Design+dengan+jenis+Non-Equivalent+Control+Group+Design.%0D%0ATeknik+pengumpulan+data+yang+digunakan+yaitu%2C+lembar+tes+soal+essay.+Data+diuji%0D%0Adengan+analisis+N-Gain%2C+uji+normalitas%2C+uji+homogenitas%2C+uji+independent+sample%0D%0AT-test%2C+uji+effect+size.+Nilai+rata-rata+N-Gain+pada+kelas+eksperimen+sebesar+0%2C487%0D%0Adengan+kategori+sedang+lebih+besar+dari+kelas+kontrol+dengan+nilai+rata-rata+0%2C275%0D%0Adengan+kategori+rendah.+Hal+tersebut+menunjukan+bahwa+keterampilan+berpikir%0D%0Akreatif+kelas+eksperimen+lebih+meningkat+dibandingkan+dengan+kelas+kontrol.%0D%0ADidukung+dari+data+hasil+uji+hipotesis+independent+sample+T-test+diperoleh+nilai%0D%0ASig.+(2-tailed)+sebesar+0%2C000+dan+juga+nilai+effect+size+sebesar+2%2C308+dengan%0D%0Akategori+besar%2C+artinya+bahwa+implementasi+pembelajaran+STEM-PJBL+berbasis%0D%0AEducation+for+Sustainable+Development+(ESD)+dapat+meningkatkan+keterampilan%0D%0Aberpikir+kreatif+siswa+SMA+pada+topik+gerak+lurus+berubah+beraturan.%0D%0AKata+kunci%3A+ESD%2C+Kemampuan+Berpikir+Kreatif%2C+STEM-PJBL%0D%0A%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+MATEMATIKA+DAN+ILMU+PENGETAHUAN+ALAM&rft.date=2024-05-07&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86833%2F1%2F1.%2520ABSTRAK%2520-%2520FINKA%2520NATASYA%2520NUR%2520ASHIFA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86833%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL%2520-FINKA%2520NATASYA%2520NUR%2520ASHIFA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86833%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN%2520-%2520FINKA%2520NATASYA%2520NUR%2520ASHIFA.pdf&rft.identifier=++FINKA%2C+NATASYA+NUR+ASHIFA+++(2024)+IMPLEMENTASI+PEMBELAJARAN+STEM-PJBL+BERBASIS+EDUCATION+FOR+SUSTAINABLE+DEVELOPMENT+(ESD)+PADA+TOPIK+GLBB+UNTUK+MENINGKATKAN+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KREATIF+SISWA+SMA.++FAKULTAS+MATEMATIKA+DAN+ILMU+PENGETAHUAN+ALAM%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86833%2F