%0 Generic %A FINKA, NATASYA NUR ASHIFA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:86833 %I FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM %T IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN STEM-PJBL BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) PADA TOPIK GLBB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA %U http://digilib.unila.ac.id/86833/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran STEM-PJBL berbasis Education for Sustainable Development (ESD) pada topik GLBB untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA kelas X MIPA 1 dan X MIPA 3 SMAN 2 Gedong Tataan tahun ajaran 2023/2024. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif eksperimen dengan metode Quasi Experimental Design dengan jenis Non-Equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, lembar tes soal essay. Data diuji dengan analisis N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample T-test, uji effect size. Nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,487 dengan kategori sedang lebih besar dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata 0,275 dengan kategori rendah. Hal tersebut menunjukan bahwa keterampilan berpikir kreatif kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan dengan kelas kontrol. Didukung dari data hasil uji hipotesis independent sample T-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dan juga nilai effect size sebesar 2,308 dengan kategori besar, artinya bahwa implementasi pembelajaran STEM-PJBL berbasis Education for Sustainable Development (ESD) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA pada topik gerak lurus berubah beraturan. Kata kunci: ESD, Kemampuan Berpikir Kreatif, STEM-PJBL