?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+PENERAPAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF%0D%0ATIPE+TPS+UNTUK+MENINGKATKAN+PEMAHAMAN+KONSEP%0D%0AMATEMATIKA+SISWA%0D%0A(Studi+pada+Siswa+Kelas+VIII+Semester+Genap+SMPN+1+Simpang+Pematang%0D%0AKecamatan+Simpang+Pematang+Tahun+Ajaran+2010%2F2011)&rft.creator=0643021011%2C+Bibit+Wahyuni&rft.subject=+&rft.description=Kesulitan+pemahaman+konsep+matematika+membuat+peranan+guru+sangat+penting%0D%0Adalam+pembelajaran.+Guru+harus+merencanakan+pembelajaran+yang+dapat+me-%0D%0Aningkatkan+pemahaman+konsep+matematika+melalui+siswa+berpikir+secara+mandiri%2C%0D%0Akemudian+berdiskusi+dengan+pasangannya%2C+dan+berbagi+dengan+pasangan+lain+atau%0D%0Amenanggapi+saat+pasangan+kelompok+melakukan+presentasi.++Hal+tersebut+terjadi%0D%0Apada+pembelajaran+kooperatif+tipe+Think+Pair+Share+(TPS).%0D%0APenelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+keefektifan+pembelajaran+kooperatif%0D%0Atipe+TPS+untuk+meningkatkan+pemahaman+konsep+matematika+siswa+jika%0D%0Adibandingkan+dengan+pembelajaran+konvensional.+Populasinya+adalah+seluruh%0D%0Asiswa+kelas+VIII+SMPN+1+Simpang+Pematang.+Teknik+pengambilan+sampel%0D%0Amenggunakan+purposive+random+sampling+dengan+terpilih+kelas+VIII+B+sebagai%0D%0Akelas+eksperimen+dan+kelas+VIII+D+sebagai+kelas+kontrol.+Pengumpulan+data%0D%0Adilakukan+dengan+tes+pemahaman+konsep+yang+berbentuk+uraian.%0D%0ABibit+Wahyuni%0D%0ABerdasarkan+hasil+penelitian+dan+pembahasan+diketahui+bahwa+rata-rata+skor%0D%0Apemahaman+konsep+dan+peningkatan+konsep+matematika+siswa+lebih+tinggi+terjadi%0D%0Apada+kelas+dengan+menggunakan+model+pembelajaran+koperatif+tipe+TPS+jika%0D%0Adibandingkan+dengan+menggunakan+model+pembelajaran+konvensional.++Dengan%0D%0Akata+lain+penerapan+pembelajaran+kooperatif+tipe+TPS+lebih+efektif+untuk%0D%0Ameningkatkan+pemahaman+konsep+matematika+siswa+dibandingkan+dengan%0D%0Apembelajaran+konvensional.%0D%0AKata+Kunci%3A+Efektivitas%2C+Pembelajaran+Kooperatif+tipe+TPS%2C+Pemahaman+Konsep&rft.date=2011-08-20&rft.type=Skripsi&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8684%2F1%2FAbstrak.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8684%2F2%2FCover%2520dalam.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8684%2F3%2Fcover.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8684%2F4%2FDaftar%2520Isi.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8684%2F5%2Fdaftar%2520lampiran.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8684%2F6%2Fdaftar%2520tabel.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8684%2F7%2FHal%2520Pengesahan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8684%2F8%2Fhal%2520Persembahan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8684%2F9%2Fhal%2520Persetujuan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8684%2F10%2FMoto.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8684%2F11%2Fpernyataan%2520tidak%2520menjiplak.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8684%2F12%2FRiwayat%2520Hidup.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8684%2F13%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8684%2F14%2FBab%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8684%2F15%2FBab%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8684%2F16%2FBab%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8684%2F17%2FBab%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8684%2F18%2FBab%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8684%2F19%2FDaftar%2520Pustaka.pdf&rft.identifier=++0643021011%2C+Bibit+Wahyuni++(2011)+EFEKTIVITAS+PENERAPAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+TPS+UNTUK+MENINGKATKAN+PEMAHAMAN+KONSEP+MATEMATIKA+SISWA+(Studi+pada+Siswa+Kelas+VIII+Semester+Genap+SMPN+1+Simpang+Pematang+Kecamatan+Simpang+Pematang+Tahun+Ajaran+2010%2F2011).++UNSPECIFIED.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8684%2F