%A Bibit Wahyuni 0643021011 %J Digital Library %T EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMPN 1 Simpang Pematang Kecamatan Simpang Pematang Tahun Ajaran 2010/2011) %X Kesulitan pemahaman konsep matematika membuat peranan guru sangat penting dalam pembelajaran. Guru harus merencanakan pembelajaran yang dapat me- ningkatkan pemahaman konsep matematika melalui siswa berpikir secara mandiri, kemudian berdiskusi dengan pasangannya, dan berbagi dengan pasangan lain atau menanggapi saat pasangan kelompok melakukan presentasi. Hal tersebut terjadi pada pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran kooperatif tipe TPS untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Simpang Pematang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling dengan terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pemahaman konsep yang berbentuk uraian. Bibit Wahyuni Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa rata-rata skor pemahaman konsep dan peningkatan konsep matematika siswa lebih tinggi terjadi pada kelas dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe TPS jika dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan kata lain penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Kooperatif tipe TPS, Pemahaman Konsep %D 2011 %L eprints8684