%0 Generic %A Shinta , Aulia Adesta %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:86863 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PEMBELAJARAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI %U http://digilib.unila.ac.id/86863/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran STEM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi bioteknologi. Penelitian dilaksanakan pada semester genap di SMPN 3 Batanghari Nuban. Sampel diambil menggunakan teknik Purposive sampling sehingga diperoleh kelas 9.2 sebanyak 24 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas 9.1 sebanyak 24 peserta didik sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan teknik Pretest-Postest Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes kemampuan berpikir kritis, dan angket tanggapan peserta didik. Data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa rerata nilai pretest, postest, dan N-gain kemampuan berpikir kritis yang diuji menggunakan uji Independent Sample t-Test dengan taraf signifikansi 5% didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05 yang menunjukkan terdapat pengaruh pembelajaran STEM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Rerata N-gain pada kelas eksperimen 0,56 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,38. Data kualitatif berupa angket tertutup menunjukkan bahwa pembelajaran STEM dapat diterima dengan baik dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran STEM berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi bioteknologi di SMP Negeri 3 Batanghari Nuban. Kata kunci: Pembelajaran STEM, Kemampuan Berpikir Kritis, Bioteknologi