creators_name: Bunga, Faradella creators_id: 2013043042 type: other datestamp: 2025-05-08 10:04:47 lastmod: 2025-05-08 10:04:47 metadata_visibility: show title: PEMBELAJARAN TARI PADA SISWA TUNAGRAHITA MENGGUNAKAN METODE DRILL DI SLB PELITA BUNGA DESA JATIMULYO KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. ispublished: pub subjects: 370 subjects: 400 subjects: 700 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran tari bagi siswa tunagrahita di SLB Pelita Bunga menggunakan metode drill. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data melibatkan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian terdiri dari 8 siswa tunagrahita yang menjadi partisipan dalam pembelajaran tari. Materi pembelajaran adalah tari Bedana, tari Bedana merupakan representasi kehidupan masyarakat Lampung, menunjukkan simbol adat istiadat, agama, dan etika yang telah menyatu dalam kehidupan masyarakat. Tari Bedana memiliki 9 ragam gerak tetapi materi yang di ajarkan 3 ragam gerak saja yakni Khesek Gantung, Khesek injing, dan Ayun Gantung , yang diajarkan selama 6 pertemuan. Proses pembelajaran terstruktur dalam 5 tahapan. Pertama, guru menjelaskan dengan jelas tujuan dan maksud dari latihan yang akan dilakukan. Kedua, guru mengorganisir dan menyelenggarakan latihan terbimbing dengan fokus pada pengenalan dan penguasaan gerakan tari yang ditetapkan. Ketiga, guru secara aktif mengamati hambatan dan kesulitan yang dihadapi oleh siswa selama latihan, dan menyesuaikan pendekatan pembelajaran untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan positif. Tahap keempat melibatkan pengakuan akan perbedaan individual di antara siswa, di mana guru memberikan perhatian khusus dan dukungan sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa. Terakhir, guru memberikan motivasi dan evaluasi berkala untuk memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa, serta untuk menilai dan memperbaiki kemampuan siswa dalam belajar tari. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses pembelajaran menggunakan metode drill dalam pembelajaran tari Bedana bagi siswa tunagrahita. Kata Kunci: Metode drill, pembelajaran, tari Bedana This research aims to describe the dance learning process for students with intellectual disabilities at SLB Pelita Bunga using the drill method. The research method employed is qualitative descriptive, where data were collected through observation, interviews, and documentation. Data analysis involved stages of data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The research subjects consisted of 8 students with intellectual disabilities who participated in the dance learning. The learning material was the Bedana dance, which represents the life of Lampung society, showing symbols of customs, religion, and ethics that are integrated into community life. The Bedana dance consists of 9 movement variations, but only 3 were taught: Khesek Gantung, Khesek Injing, and Ayun Gantung, taught over 6 sessions. The structured learning process comprised 5 stages. First, the teacher clearly explained the goals and purposes of the exercises to be performed. Second, the teacher organized and conducted guided practices focusing on the introduction and mastery of the predetermined dance movements. Third, the teacher actively observed obstacles and difficulties faced by students during practice, adjusting the teaching approach to create a supportive and positive learning environment. The fourth stage involved recognizing individual differences among students, with the teacher providing specific attention and support according to each student's needs. Finally, the teacher provided motivation and periodic evaluations to give constructive feedback to students, as well as to assess and improve their dance learning abilities. Keyword: Bedana dance, drill method, learning. date: 2024-07-17 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Bunga, Faradella (2024) PEMBELAJARAN TARI PADA SISWA TUNAGRAHITA MENGGUNAKAN METODE DRILL DI SLB PELITA BUNGA DESA JATIMULYO KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/86887/1/1%2C%20ABSTRAK%20-%20Bungafara%20Della.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/86887/2/2.%20SKRIPSI%20FULL%20-%20Bungafara%20Della.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/86887/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20PEMBAHASAN%20-%20Bungafara%20Della.pdf