?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2113031033&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PERBANDINGAN+HASIL+BELAJAR+MENGGUNAKAN+MODEL%0D%0APEMBELAJARAN+DRAGON+BALL+DAN+PROBLEM+BASED%0D%0ALEARNING+DENGAN+MEMPERHATIKAN+KEMAMPUAN%0D%0ABERPIKIR+KRITIS+SISWA+KELAS+VIII+PADA%0D%0AMATA+PELAJARAN+IPS+DI+SMP+GAJAH%0D%0AMADA+BANDAR+LAMPUNG&rft.creator=HASNA+%2C+SEPTIANA+&rft.subject=330+Ekonomi&rft.subject=370+Pendidikan&rft.description=Penelitian+ini+dilatarbelakangi+oleh+rendahnya+hasil+belajar+IPS+dan+tingkat%0D%0Akemampuan+berpikir+kritis+siswa+serta+penggunaan+model+pembelajaran+yang%0D%0Akurang+efektif+di+SMP+Gajah+Mada+Bandar+Lampung.%0D%0APenelitian+ini+memiliki+tujuan+untuk+mengetahui+perbedaan+hasil+belajar+IPS%0D%0Adengan+menggunakan+model+pembelajaran+Dragon+Ball+dan+PBL+serta+interaksi%0D%0Aantara+model+pembelajaran+dan+kemampuan+berpikir+kritis+terhadap+hasil+belajar%0D%0AIPS.%0D%0AMetode+yang+digunakan+dalam+penelitian+adalah+metode+eksperimen%0D%0Adengan+pendekatan+komparatif.+Populasi+dalam+penelitian+ini+sebanyak+47+siswa%0D%0Ayang+ditentukan+menggunakan+teknik+cluster+random+sampling.+Pengambilan+data%0D%0Adilakukan+dengan+cara+observasi%2C+wawancara+tidak+terstruktur%2C+dokumentasi%2C+dan%0D%0Ates.+Uji+hipotesis+dilakukan+dengan+menggunakan+analisis+two+way+anova+dan+t-test%0D%0Adua+sampel+independen.%0D%0AHasil+yang+diperoleh+dari+analisis+data+menunjukkan+bahwa+terdapat%0D%0Aperbedaan+hasil+belajar+IPS+siswa+yang+proses+pembelajarannya+menggunakan%0D%0Amodel+pembelajaran+dragon+ball+dan+siswa+yang+menggunakan+model+PBL+dilihat%0D%0Adari+kemampuan+berpikir+kritis+tinggi%2C+sedang%2C+dan+rendah.+Pada+siswa+dengan%0D%0Akemampuan+berpikir+kritis+tinggi%2C+model+pembelajaran+dragon+ball+lebih+unggul%0D%0Adibanding+PBL+dengan+rata-rata+nilai+yaitu+67%2C42%3E+62%2C58%2C+sementara+pada+siswa%0D%0Adengan+kemampuan+berpikir+kritis+sedang+dan+rendah+rata-+rata+hasil+belajar%0D%0Amenggunakan+PBL+lebih+unggul+dibanding+menggunakan+model+pembelajaran%0D%0Adragon+ball+yaitu+pada+tingkat+sedang+sebesar+63%2C10%3E62%2C40+dan+tingkat+rendah%0D%0Asebesar+69%2C60%3E48%2C00.+Dari+hasil+uji+terdapat+pengaruh+interaksi+antara+model%0D%0Apembelajaran+dengan+kemampuan+berpikir+kritis+siswa+pada+hasil+belajar+IPS%0D%0Adengan+nilai+&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-04-24&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86891%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86891%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86891%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++HASNA+%2C+SEPTIANA+++(2025)+PERBANDINGAN+HASIL+BELAJAR+MENGGUNAKAN+MODEL+PEMBELAJARAN+DRAGON+BALL+DAN+PROBLEM+BASED+LEARNING+DENGAN+MEMPERHATIKAN+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KRITIS+SISWA+KELAS+VIII+PADA+MATA+PELAJARAN+IPS+DI+SMP+GAJAH+MADA+BANDAR+LAMPUNG.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.++++(Submitted)++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F86891%2F