title: PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA BERORIENTASI PENGUASAAN KONSEP creator: NILA , KHUSNIYAH subject: 370 Pendidikan description: Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik, validitas, tanggapan guru, dan tanggapan siswa terhadap e-modul interaktif berbasis multipel representasi pada materi kese- timbangan kimia berorientasi penguasaan konsep yang dikembangkan. Desain pe- nelitian pengembangan menurut Borg & Gall (Sukmadinata, 2015) yang dilaku- kan sampai tahap kelima yakni revisi hasil uji coba. Instrumen yang digunakan ialah angket validasi ahli, angket tanggapan guru, dan angket tanggapan siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Karakteristik e-modul ini yaitu interaktif, berbasis multipel representasi yang disertai dengan gambar, animasi dan video; terdapat kolom jawaban yang dapat diisi; serta soal evaluasi interaktif. Hasil validasi ahli dan tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, konstruksi, keterbacaan, dan kemenarikan serta hasil tanggapan siswa pada aspek keterbacaan dan kemenarikan memiliki kriteria sa- ngat tinggi. Berdasarkan hal tersebut, maka e-modul interaktif berbasis multipel representasi yang dikembangkan valid, sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah. Kata kunci: e-modul interaktif, multipel representasi, kesetimbangan kimia, penguasaan konsep publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-05-29 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/86904/1/ABSTRAK%20-%20nila%20khusniyah.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/86904/2/SKRIPSI%20FULL%20-%20nila%20khusniyah.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/86904/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20nila%20khusniyah.pdf identifier: NILA , KHUSNIYAH (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA BERORIENTASI PENGUASAAN KONSEP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/86904/