@misc{eprints86913, month = {April}, title = {STUDI PERBANDINGAN HAS IL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG}, author = {Carolina Yuni Jelita }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/86913/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar ekonomi yang masih rendah dan tingginya persentase siswa yang tidak berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan tipe Auditory Intellectually Repetition (AIR) dengan memperhatikan aktivitas belajar siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian komparatif pendekatan kuantitatif dengan desain faktorial 2x2, teknik sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling berjumlah 69 siswa. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, penyebaran kuesioner, soal post test dan dianalisis dengan rumus Anava Dua Jalan dan t-Test Dua Sampel Independent menggunakan perhitungan SPSS. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan tipe Auditory Intellectually Repetition (AIR), hasil belajar ekonomi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) lebih tinggi dibandingkan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada siswa yang aktivitas belajarnya tinggi, hasil belajar ekonomi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Auditory Intellectually Repetition (AIR) lebih rendah dibandingkan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa yang aktivitas belajarnya rendah dan tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Kata Kunci: AIR, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, STAD This research is motivated by the still low economics learning outcomes and the high percentage of students who do not actively participate during the learning process. This study aims to compare economic learning outcomes using the cooperative learning models of Student Teams Achievement Divisions (STAD) and Auditory Intellectually Repetition (AIR) while considering students' learning activities. The method in this study uses a comparative research method with a quantitative approach and a 2x2 factorial design, employing cluster random sampling technique with a total of 69 students. Data collection through interviews, observations, documentation, questionnaire distribution, post-test questions, and analyzed using the Two-Way ANOVA formula and Independent Two-Sample t-Test calculations using SPSS. The results of the data analysis show that there is a difference in the economics learning outcomes of students who use the cooperative learning model type Student Teams Achievement Divisions (STAD) and the type Auditory Intellectually Repetition (AIR). The economics learning outcomes of students using the cooperative learning model type Student Teams Achievement Divisions (STAD) are higher compared to the economics learning outcomes of students using the cooperative learning model type Auditory Intellectually Repetition (AIR) for students with high learning activity. The economics learning outcomes of students using the cooperative learning model type Auditory Intellectually Repetition (AIR) are lower compared to the economics learning outcomes of students using the cooperative learning model type Student Teams Achievement Divisions (STAD) for students with low learning activity, and there is no interaction between the learning model and student learning activity in the subject of economics. Keywords: AIR, Learning Activities, Learning Outcomes, STAD} }