<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "STUDI PERBANDINGAN HAS IL BELAJAR EKONOMI\r\nDENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)\r\nDAN TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)\r\nDENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR\r\nSISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2\r\nBANDAR LAMPUNG"^^ . "Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar ekonomi yang masih rendah\r\ndan tingginya persentase siswa yang tidak berpartisipasi aktif selama proses\r\npembelajaran.\r\nPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar\r\nekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams\r\nAchievement Divisions (STAD) dan tipe Auditory Intellectually Repetition (AIR)\r\ndengan memperhatikan aktivitas belajar siswa.\r\nMetode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian komparatif\r\npendekatan kuantitatif dengan desain faktorial 2x2, teknik sampling yang\r\ndigunakan yaitu cluster random sampling berjumlah 69 siswa. Pengumpulan data\r\nmelalui wawancara, observasi, dokumentasi, penyebaran kuesioner, soal post test\r\ndan dianalisis dengan rumus Anava Dua Jalan dan t-Test Dua Sampel Independent\r\nmenggunakan perhitungan SPSS.\r\nHasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi\r\nsiswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams\r\nAchievement Divisions (STAD) dan tipe Auditory Intellectually Repetition (AIR),\r\nhasil belajar ekonomi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif\r\ntipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) lebih tinggi dibandingkan hasil\r\nbelajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe\r\nAuditory Intellectually Repetition (AIR) pada siswa yang aktivitas belajarnya\r\ntinggi, hasil belajar ekonomi siswa dengan menggunakan model pembelajaran\r\nkooperatif tipe Auditory Intellectually Repetition (AIR) lebih rendah dibandingkan\r\nhasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe\r\nStudent Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa yang aktivitas belajarnya\r\nrendah dan tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan aktivitas belajar\r\nsiswa pada mata pelajaran ekonomi.\r\nKata Kunci: AIR, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, STAD\r\n\r\nThis research is motivated by the still low economics learning outcomes and the\r\nhigh percentage of students who do not actively participate during the learning\r\nprocess. This study aims to compare economic learning outcomes using the\r\ncooperative learning models of Student Teams Achievement Divisions (STAD) and\r\nAuditory Intellectually Repetition (AIR) while considering students' learning\r\nactivities. The method in this study uses a comparative research method with a\r\nquantitative approach and a 2x2 factorial design, employing cluster random\r\nsampling technique with a total of 69 students. Data collection through interviews,\r\nobservations, documentation, questionnaire distribution, post-test questions, and\r\nanalyzed using the Two-Way ANOVA formula and Independent Two-Sample t-Test\r\ncalculations using SPSS. The results of the data analysis show that there is a\r\ndifference in the economics learning outcomes of students who use the cooperative\r\nlearning model type Student Teams Achievement Divisions (STAD) and the type\r\nAuditory Intellectually Repetition (AIR). The economics learning outcomes of\r\nstudents using the cooperative learning model type Student Teams Achievement\r\nDivisions (STAD) are higher compared to the economics learning outcomes of\r\nstudents using the cooperative learning model type Auditory Intellectually\r\nRepetition (AIR) for students with high learning activity. The economics learning\r\noutcomes of students using the cooperative learning model type Auditory\r\nIntellectually Repetition (AIR) are lower compared to the economics learning\r\noutcomes of students using the cooperative learning model type Student Teams\r\nAchievement Divisions (STAD) for students with low learning activity, and there is\r\nno interaction between the learning model and student learning activity in the\r\nsubject of economics.\r\nKeywords: AIR, Learning Activities, Learning Outcomes, STAD"^^ . "2025-04-30" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . "Carolina "^^ . "Yuni Jelita "^^ . "Carolina Yuni Jelita "^^ . . . . . . "STUDI PERBANDINGAN HAS IL BELAJAR EKONOMI\r\nDENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)\r\nDAN TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)\r\nDENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR\r\nSISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2\r\nBANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "STUDI PERBANDINGAN HAS IL BELAJAR EKONOMI\r\nDENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)\r\nDAN TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)\r\nDENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR\r\nSISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2\r\nBANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "STUDI PERBANDINGAN HAS IL BELAJAR EKONOMI\r\nDENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)\r\nDAN TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)\r\nDENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR\r\nSISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2\r\nBANDAR LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "STUDI PERBANDINGAN HAS IL BELAJAR EKONOMI\r\nDENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)\r\nDAN TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)\r\nDENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR\r\nSISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STUDI PERBANDINGAN HAS IL BELAJAR EKONOMI\r\nDENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)\r\nDAN TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)\r\nDENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR\r\nSISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STUDI PERBANDINGAN HAS IL BELAJAR EKONOMI\r\nDENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)\r\nDAN TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)\r\nDENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR\r\nSISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STUDI PERBANDINGAN HAS IL BELAJAR EKONOMI\r\nDENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)\r\nDAN TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)\r\nDENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR\r\nSISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "STUDI PERBANDINGAN HAS IL BELAJAR EKONOMI\r\nDENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)\r\nDAN TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)\r\nDENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR\r\nSISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "STUDI PERBANDINGAN HAS IL BELAJAR EKONOMI\r\nDENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)\r\nDAN TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)\r\nDENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR\r\nSISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "STUDI PERBANDINGAN HAS IL BELAJAR EKONOMI\r\nDENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)\r\nDAN TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)\r\nDENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR\r\nSISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "STUDI PERBANDINGAN HAS IL BELAJAR EKONOMI\r\nDENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)\r\nDAN TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)\r\nDENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR\r\nSISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "STUDI PERBANDINGAN HAS IL BELAJAR EKONOMI\r\nDENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)\r\nDAN TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)\r\nDENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR\r\nSISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "STUDI PERBANDINGAN HAS IL BELAJAR EKONOMI\r\nDENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)\r\nDAN TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)\r\nDENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR\r\nSISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "STUDI PERBANDINGAN HAS IL BELAJAR EKONOMI\r\nDENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)\r\nDAN TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)\r\nDENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR\r\nSISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "STUDI PERBANDINGAN HAS IL BELAJAR EKONOMI\r\nDENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)\r\nDAN TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)\r\nDENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR\r\nSISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STUDI PERBANDINGAN HAS IL BELAJAR EKONOMI\r\nDENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)\r\nDAN TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)\r\nDENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR\r\nSISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STUDI PERBANDINGAN HAS IL BELAJAR EKONOMI\r\nDENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)\r\nDAN TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)\r\nDENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR\r\nSISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STUDI PERBANDINGAN HAS IL BELAJAR EKONOMI\r\nDENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF\r\nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)\r\nDAN TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)\r\nDENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR\r\nSISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2\r\nBANDAR LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #86913 \n\nSTUDI PERBANDINGAN HAS IL BELAJAR EKONOMI \nDENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF \nTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) \nDAN TIPE AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) \nDENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR \nSISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 2 \nBANDAR LAMPUNG\n\n" . "text/html" . . . "300 Ilmu sosial" . . . "330 Ekonomi" . . . "370 Pendidikan" . .