?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PERBEDAAN+KEMAMPUAN+PEMECAHAN+MASALAH+MATEMATIS+SISWA%0D%0AMENGGUNAKAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF%0D%0ATIPE+STAD+DAN+TIPE+TPS%0D%0A(Studi+pada+Siswa+Kelas+VII+SMP+Negeri+8+Bandar+Lampung%0D%0ASemester+Ganjil+Tahun+Pelajaran+2010%2F2011)&rft.creator=0643021030%2C+Irma+Apriliana&rft.subject=+&rft.description=SMP+Negeri+8+Bandar+Lampung+merupakan+salah+satu+sekolah+yang+mengusung+visi+menjadi%0D%0Asekolah+yang+unggul.+SMP+Negeri+8+masih+menggunakan+pembelajaran+konvensional+yang%0D%0Aditunjukkan+dengan+rata-rata+hasil+belajar+siswa+kelas+VII+pada+pelajaran+matematika+rendah%2C%0D%0Ayaitu+30%2C56%25.+Hal+ini+disebabkan+karena+siswa+tidak+terlibat+secara+aktif+dalam+interaksi%0D%0Abelajar%2C+baik+dengan+guru+maupun+dengan+teman%2C+siswa+enggan+bertanya+bila+ada+materi%0D%0Amatematika+yang+belum+dipahami.++Selain+itu%2C+siswa+kurang+menyukai+pelajaran+matematika%0D%0Ayang+dianggap+sebagai+pelajaran+yang+sulit+dipahami.%0D%0APenelitian+ini+adalah+penelitian+quasi+eksperimen+dengan+tujuan+untuk+mengetahui+perbedaan%0D%0Akemampuan+pemecahan+masalah+matematis+siswa+antara+dua+tipe+pembelajaran+kooperatif%2C%0D%0Ayaitu+TPS+dan+STAD.+Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+VII+(Tidak%0D%0Aada+kelas+unggulan).+Sampel+diambil+secara+acak+dan+diperoleh+kelas+VII+A+dan+VII+E.+Pada%0D%0Akelas+A+diterapkan+tipe+pembelajaran+kooperatif+STAD%2C+sedangkan+pada+kelas+VII+E%0D%0Aditerapkan+tipe+pembelajaran+kooperatif+TPS.%0D%0ABerdasarkan+hasil+analisis+data+diperoleh+rata-rata+kemampuan+pemecahan+masalah%0D%0Amatematis+siswa+yang+mengikuti+pembelajaran+kooperatif+tipe+TPS+dan+tipe+STAD+berturut-%0D%0Aturut+sebesar+78%2C51+dan+70%2C01%2C+sedangkan+persentase+siswa+yang+mencapai+KKM+meningkat%0D%0Ayaitu+untuk+kemampuan+pemecahan+masalah+matematis+siswa+tipe+TPS+sebesar+72%2C2%25+dan%0D%0Atipe+STAD+55%2C5%25+sehingga+dapat+disimpulkan+bahwa+rata-rata+hasil+belajar+siswa+yang%0D%0Amengikuti+pembelajaran+kooperatif+tipe+TPS+lebih+baik+dibandingkan+dengan+kooperatif+tipe%0D%0ASTAD.%0D%0AKata+kunci%3A+TPS%2C+STAD+dan+kemampuan+pemecahan+masalah+matematis+siswa&rft.date=2011-08-15&rft.type=Skripsi&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8692%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8692%2F2%2FCOVER%2520DALEM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8692%2F3%2FCOVER%2520LUAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8692%2F4%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8692%2F4%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8692%2F5%2FMOTTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8692%2F6%2FPENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8692%2F7%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8692%2F8%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8692%2F9%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8692%2F10%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8692%2F11%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8692%2F12%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8692%2F13%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8692%2F14%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8692%2F15%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8692%2F16%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++0643021030%2C+Irma+Apriliana++(2011)+PERBEDAAN+KEMAMPUAN+PEMECAHAN+MASALAH+MATEMATIS+SISWA+MENGGUNAKAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+STAD+DAN+TIPE+TPS+(Studi+pada+Siswa+Kelas+VII+SMP+Negeri+8+Bandar+Lampung+Semester+Ganjil+Tahun+Pelajaran+2010%2F2011).++UNSPECIFIED.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8692%2F