TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints86921 UR - http://digilib.unila.ac.id/86921/ A1 - Widya , Sulistiyani Y1 - 2024/05/15/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS peserta didik kelas V di SD Negeri 3 Metro Pusat. Hal tersebut dibuktikan dengan data persentase ketuntasan nilai peserta didik kelas VA dan VB, yaitu hanya 35% dan 52,94%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis bahan ajar digital flipbook terhadap hasil belajar tematik muatan IPS peserta didik. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 37 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik sampling jenuh yaitu pengambilan sampel menggunakan semua anggota populasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan non tes. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linear sederhana dan menunjukkan hasil nilai Fhitung (13,96) > Ftabel (4,41), sehingga terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis bahan ajar digital flipbook terhadap hasil belajar tematik muatan IPS peserta didik kelas V SD Negeri 3 Metro Pusat. Kata Kunci: bahan ajar flipbook, hasil belajar IPS, problem based learning PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS BAHAN AJAR DIGITAL FLIPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK MUATAN IPS PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 3 METRO PUSAT AV - restricted ER -