%A ANISA %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR %X Penelitian ini berfokus pada permasalahan rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif penerapan model pembelajaran PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPAS kelas V di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental serta desain penelitian non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Gemah Ripah, yang berjumlah 41 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi linier sederhana, dengan hasil Fhitung = 33,41 yang lebih besar dari Ftabel = 4,54 pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di SD Negeri 1 Gemah Ripah. Kata kunci: berpikir kritis, IPAS, PjBL %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints86927