creators_name: ANISA, creators_id: 2113053246 type: other datestamp: 2025-05-10 01:50:49 lastmod: 2025-05-10 01:50:49 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR ispublished: pub subjects: 370 subjects: 372 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini berfokus pada permasalahan rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif penerapan model pembelajaran PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran IPAS kelas V di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental serta desain penelitian non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Gemah Ripah, yang berjumlah 41 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi linier sederhana, dengan hasil Fhitung = 33,41 yang lebih besar dari Ftabel = 4,54 pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik di SD Negeri 1 Gemah Ripah. Kata kunci: berpikir kritis, IPAS, PjBL date: 2025-03-24 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: ANISA, (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/86927/1/1.%20ABSTRAK%20-%20ABSTRACT.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/86927/2/2.%20SKRIPAI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/86927/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf