title: PENGARUH PENGGUNAAN PERMAINAN SCRABBLE TERHADAP PEMAHAMAN BENTUK-BENTUK NORMA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PADA PESERTA DIDIK KELAS V UPT SD NEGERI 1 JATI AGUNG creator: Yenny , Nafisah subject: 370 Pendidikan description: Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman peserta didik pada mata pelajaran pendidikan Pancasila di UPT SD Negeri 1 Jati Agung. Masalah tersebut muncul karena peserta didik cepat merasa bosan dalam pembelajaran dan pendidik kurang berinovasi pada proses pembelajaran, seperti belum optimal dalam menggunakan media pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh permainan scrabble terhadap pemahaman bentuk-bentuk norma pada peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain pretest posttest nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Populasi sebanyak 39 orang peserta didik dan sampel yang digunakan yaitu 39 orang peserta didik. Sampel ditentukan menggunakan nonprobability sampling dengan teknik sampling jenuh. Data dianalisis dengan uji regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif penggunaan permainan scrabble terhadap pemahaman bentuk-bentuk norma pada pesrta didik kelas V UPT SD Negeri 1 Jati Agung. Kata kunci: pemahaman bentuk-bentuk norma, pendidikan pancasila, scrabble publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-05-13 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/86929/1/ABSTRAK%20yenny%20-%20C%2044_Yenny%20Nafisah.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/86929/2/d%20Skripsi%20Yenny%20Nafisah%20dengan%20Pembahasan%20-%20C%2044_Yenny%20Nafisah.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/86929/3/t%20Skripsi%20Yenny%20Nafisah%20tanpa%20Pembahasan%20-%20C%2044_Yenny%20Nafisah.pdf identifier: Yenny , Nafisah (2024) PENGARUH PENGGUNAAN PERMAINAN SCRABBLE TERHADAP PEMAHAMAN BENTUK-BENTUK NORMA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PADA PESERTA DIDIK KELAS V UPT SD NEGERI 1 JATI AGUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/86929/