%0 Generic %A SITI , BERLIANA RAMADHANTI NUR %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:86936 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T PENGARUH KONTEN INFORMASI LOWONGAN KERJA PADA INSTAGRAM @ALFAKARIR.LAMPUNG TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS DI LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/86936/ %X Media sosial merupakan platform daring untuk berinteraksi, berbagi konten, menciptakan jaringan sosial global yang melibatkan pertukaran informasi, dan kemajuan teknologi. Media sosial Instagram merupakan salah satu platform yang menawarkan berbagai informasi mengenai lowongan pekerjaan di media sosial. Oleh karena itu tidak jarang yang menggunakan platform instagram sebagai wadah informasi. Salah satu akun Instagram yang aktif dalam menyebarkan informasi lowongan kerja adalah @alfakarir.lampung. Akun tersebut memiliki followers 54 ribu yang menyebarkan informasi seputar lowongan kerja Alfamart yang berada di lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten informasi lowongan kerja pada Instagram @alfakarir.lampung dalam memberikan informasi pada followers di Lampung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and Gratification. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel 400 responden berdasarkan rumus slovin. Pengaruh konten informasi pada akun Instagram @alfakarir.lampung (X) sebesar 57,1% terhadap variabel pemenuhan kebutuhan informasi. Sedangkan sisanya 42,9% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Maka dapat disimpulkan bahwa model teori Uses and Gratification pada konten informasi lowongan kerja pada Instagram @alfakarir.lampung memiliki pengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers di Lampung. Kata Kunci : Alfa Karir, Konten Informasi, Lowongan Kerja, Pemenuhan Kebutuhan Informasi ABSTRACT THE INFLUENCE OF JOB VACANCY INFORMATION CONTENT ON INSTAGRAM @ALFAKARIR.LAMPUNG ON FULFILLING THE INFORMATION NEEDS OF FOLLOWERS IN LAMPUNG By SITI BERLIANA RAMADHANTI NUR Social media is an online platform for interacting, sharing content, creating global social networks that involve information exchange, and technological advances. Instagram social media is one of the platforms that offers various information about job vacancies on social media. Therefore, it is not uncommon to use the Instagram platform as an information platform. One of the Instagram accounts that is active in disseminating job vacancy information is @alfakarir.lampung. The account has 54 thousand followers who spread information about Alfamart job vacancies in Lampung. This study aims to determine how much influence the job vacancy information content on Instagram @alfakarir.lampung has in providing information to followers in Lampung. The theory used in this research is the Uses and Gratification theory. This research uses quantitative methods. The sample size was 400 respondents based on the slovin formula. The effect of information content on the @alfakarir.lampung Instagram account (X) is 57.1% of the variable fulfillment of information needs. While the remaining 42.9% is caused by other factors not examined by the author. So it can be concluded that the Uses and Gratification theory model on job vacancy information content on Instagram @alfakarir.lampung has an influence on fulfilling the information needs of followers in Lampung. Keywords: Career Alfa, Information Content, Job Vacancies, Information Needs Fulfillment.