%0 Generic %A Wahyu, Rano Nugroho %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:86940 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T ANALISIS KETERAMPILAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PENDIDIK DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI GUGUS MAWAR II KECAMATAN METRO PUSAT %U http://digilib.unila.ac.id/86940/ %X Masalah pada penelitian adalah pendidik yang belum menguasai TIK sehingga belum memanfaatkannya dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan keterampilan TIK pendidik dalam pembelajaran, kendala penggunaan TIK dalam pembelajaran, serta solusi untuk mengatasi kendala penggunaan TIK tersebut di SD Negeri Gugus Mawar II Kecamatan Metro Pusat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan penelitian yakni multi-situs. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik di SD Negeri Gugus Mawar II Kecamatan Metro Pusat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas pendidik sudah memiliki keterampilan TIK dalam pembelajaran, namun masih ada beberapa pendidik yang belum memiliki keterampilan tersebut baik secara sepenuhnya maupun sebagian. Terdapat beberapa kendala penggunaan TIK oleh pendidik dalam pembelajaran di sekolah dasar yakni usia yang tidak lagi muda, faktor dari dalam diri pendidik, serta ketersediaan fasilitas yang memadai. Solusi yang diberikan pendidik untuk mengatasi kendala penggunaan TIK dalam pembelajaran yakni (1) secara mandiri mengikuti pelatihan, seminar, workshop, belajar melalui aplikasi platform merdeka mengajar (PMM), youtube, instagram, (2) mengikuti kelompok kerja guru (KKG), (3) berdiskusi dengan sesama pendidik dalam satu sekolah yang lebih kompeten, (4) rapat dengan wali murid untuk mencari solusi atas kendala terkait fasilitas yang kurang memadai. Kata kunci: pembelajaran berbasis TIK, keterampilan TIK pendidik, kendala penggunaan TIK.