@misc{eprints86942, month = {April}, title = {TEKNIK PERSUASIF IKLAN KOMERSIAL PADA MEDIA TELEVISI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP}, author = {Triana Elsa}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/86942/}, abstract = {Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah teknik-teknik wacana persuasif yang digunakan dalam media televisi dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan teknik-teknik wacana persuasif yang digunakan pada iklan komersial di media televisi dan mendeskripsikan implikasi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah semua kata-kata dan kalimat serta tindakan yang mengandung kalimat teknik persuasif. Teknik pengumpulan dan analisis dalam penelitian ini yaitu teknik dokumentasi, teknik simak dan teknik catat dengan beberapa langkah, yaitu (1) memilih iklan yang mengandung teknik-teknik persuasif, (2) membaca dan menyalin teks iklan, (3) membaca dan menandai teks, (4) mencatat dan mengelompokkan data, (5) menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 93 iklan wacana teknik persuasif yaitu rasional 18 data, sugesti 19 data, kompensasi 20 data, konfirmitas 5 data, proyeksi 14 data, penggantian 17 data. Wacana teknik persuasif dalam iklan diimplikasikan pada pembelajaran di SMP pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada kompetensi dasar 3.4 Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar dan KD 4.4 Menyajikan gagasan, pesan, dan ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis. Kata kunci: Wacana, iklan, persuasif, pembelajaran} }