%A ENDAH SETYORINI 0713021006 %J Digital Library %T PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT ( Studi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Terusan Nunyai Tahun Pelajaran 2010/2011 ) %X Keberhasilan siswa dalam pembelajaran matematika tidak hanya bergantung pada proses belajar tetapi juga bergantung pada faktor lain diantaranya adalah kemampuan awal dan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa pada pembelajaran kooperatif tipe NHT; (2)Pengaruh kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar matematika siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT; dan (3)Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Terusan Nunyai semester genap tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas X3. Pengumpulan data dengan penyebaran angket dan tes. Teknik Analisis data dengan menggunakan regresi linier ganda. Endah Setyorini Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari: (1)kemampuan awal dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada model pembelajaran NHT; (2)kemampuan awal terhadap hasil belajar matematika pada model pembelajaran NHT; dan (3)minat belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada model pembelajaran NHT, dengan kontribusi sebesar 18.8%, 5.2%, 12.7%. Dengan demikian guru dapat mempertimbangkan kemampuan awal dan minat belajar siswa untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada model pembelajaran NHT. Kata Kunci: Hasil belajar matematika, kemampuan awal, minat belajar, dan model pembelajaran NHT. %D 2011 %L eprints8696