TY - GEN ID - eprints8700 UR - http://digilib.unila.ac.id/8700/ A1 - 0913060003, SUPARTINI Y1 - 2011/11/02/ N2 - Pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Dirgantara Bandarlampung belum mencapai hasil belajar yang memuaskan. Pada umumnya aktivitas belajar siswa rendah disebabkan pembelajaran masih didominasi oleh guru. Oleh karena itu, dalam pembelajaran guru harus dapat memilih dan menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan dapat merangsang tumbuhnya aktivitas siswa dalam belajar. Dalam hal ini penulis mencoba mengatasi masalah di atas dengan menggunakan alat peraga dalam pembelajaran kooperatif untuk me ningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Diharapkan dengan peng gunaan alat peraga siswa dapat lebih cepat dan mudah memahami materi yang di berikan guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa melalui penggunaan alat peraga dalam pembelajaran kooperatif pada siswa kelas VIII SMP Dirgantara Bandarlampung semester Genap tahun pelajaran 2010-2011. Pembelajaran dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi aktivitas siswa dan tes setiap akhir siklus. Pada siklus III, persentase siswa aktif dan ketuntasan hasil belajar siswa dapat mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga dalam pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2010-2011 SMP Dirgantara Bandarlampung. Kata kunci: Aktivitas, Hasil belajar, Pembelajaran Kooperatif, Alat peraga. TI - PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi pada siswa kelas VIII SMP Dirgantara Bandarlampung Semester genap tahun pelajaran 2010-2011) AV - restricted ER -