TY - GEN ID - eprints8701 UR - http://digilib.unila.ac.id/8701/ A1 - 1013110001, Amonah Y1 - 2011/11/15/ N2 - Aktivitas belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Pardasuka dalam pelajaran Matematika rendah. Rendahnya aktivitas siswa terjadi dalam pembelajaran yang masih didominasi oleh guru. Hasil belajar siswa juga rendah, ditunjukkan dengan prosentase siswa yang tuntas belajar Matematika pada semester ganjil hanya 44%, padahal target yang ingin dicapai minimal 75% siswa tuntas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Pardasuka tahun pelajaran 2010- 2011 melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap. Data aktivitas siswa diperoleh melalui lembar observasi aktivitas siswa dan data hasil belajar siswa diperoleh dari tes pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Pardasuka tahun pelajaran 2010-2011. Kata kunci aktivitas, kooperatif, hasil belajar siswa, pembelajaran tipe STAD TI - Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika (Kelas VIII C SMP Negeri 1 Pardasuka Kabupaten Pringsewu Semester Genap Tahun Pelajaran 2010/2011) AV - restricted ER -