%0 Generic %A Alma, Afifah %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:87037 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 PERUMNAS WAY HALIM %U http://digilib.unila.ac.id/87037/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas V SD Negeri 2 Perumnas Way Halim Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas Model problem based learning berbasis STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah kelas 5 SD Negeri 2 Perumnas Way Halim Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen design dengan desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 89 peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan non-tes. Hasil penelitian menunjukan N Gain Score 0.75 dan Tafsiran N Gain 75% bahwa terdapat keefektifan model problem based learning berbasis STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika kelas V SD Negeri 2 Perumnas Way Halim.