<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOLOM KOMENTAR AKUN\r\nINSTAGRAM @arinal_djunaidi DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA"^^ . "Masalah dalam penelitian ini ialah kesantunan berbahasa dalam kolom\r\nkomentar akun Instagram @arinal_djunaidi dan implikasinya terhadap\r\npembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk\r\nmendeskripsikan kesantunan berbahasa tuturan langsung dan tuturan tidak\r\nlangsung dalam kolom komentar akun Instagram @arinal_djunaidi serta\r\nmendeskripsikan implikasi penelitian terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di\r\nSMA.\r\nMetode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam\r\npenelitian ini adalah akun Instagram @arinal_djunaidi. Data penelitian ini adalah\r\ntuturan dalam kolom komentar akun Instagram @arinal_djunaidi periode Januari\r\n2023—Maret 2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik\r\npengamatan dan teknik dokumentasi. Teknik analisis heuristik digunakan untuk\r\nmenganalisis data.\r\nHasil dari penelitian ditemukan kesantunan berbahasa tuturan langsung\r\ndan tuturan tidak langsung pada kolom komentar akun Instagram\r\n@arinal_djunaidi yang didasarkan pada maksim kesantunan teori Leech serta\r\npenanda kesantunan linguistik dan pragmatik. Pematuhan kesantunan berbahasa\r\ntuturan langsung yang ditemukan dalam kolom komentar akun Instagram\r\n@arinal_djunaidi, yaitu (1) maksim kearifan dengan penanda kesantunan silakan,\r\ntolong, harap, ayo, (2) maksim pujian dengan penanda kesantunan harap, (3)\r\nmaksim simpati dengan penanda kesantunan harap dan ayo. Selanjutnya, terdapat\r\nlima pelanggaran maksim kesantunan tuturan langsung, yaitu (1) maksim kearifan\r\n(menuduh dan menyindir orang lain), (2) maksim kedermawanan\r\n(menguntungkan diri sendiri), (3) maksim pujian (menghina dan mengecam orang\r\nlain), (4) maksim kesepakatan (memaksimalkan ketidaksepakatan dengan orang\r\nlain atau berbeda pendapat), (5) maksim simpati (menunjukkan rasa antipati).iii\r\nSelain itu, ditemukan juga kesantunan berbahasa tuturan tidak langsung dalam\r\nkolom komentar akun instagram @arinal_djunaidi berdasarkan penanda\r\nkesantunan pragmatik dan maksim kesantunan Leech. Dalam hal ini terdapat dua\r\npenanda kesantunan pragmatik, yaitu tuturan deklaratif dan tuturan interogatif.\r\nDalam tuturan deklaratif ditemukan penanda kesantunan permohonan dan\r\nperintah, sedangkan dalam tuturan interogatif ditemukan penanda kesantunan\r\nperintah. Selanjutnya, terdapat empat pelanggaran kesantunan tuturan tidak\r\nlangsung, yaitu (1) pelanggaran maksim kearifan, (2) pelanggaran maksim\r\nkedermawanan, (3) pelanggaran maksim pujian, (4) pelanggaran maksim\r\nkerendahan hati. Hasil penelitian ini akan diimplikasikan pada pembelajaran\r\nbahasa Indonesia berbasis Kurikulum Merdeka, berupa tambahan materi atau\r\ndijadikan contoh tuturan yang mengandung majas ironi, majas sinisme, majas\r\nsarkasme dalam kaidah kebahasaan menyusun teks anekdot. Capaian yang\r\ndifokuskan pada modul ini adalah elemen menulis.\r\nKata Kunci : Kesantunan Berbahasa, Instagram, Pembelajaran Bahasa\r\nIndonesia"^^ . "2025-04-21" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . "SUSTIANI"^^ . "DWI"^^ . "SUSTIANI DWI"^^ . . . . . . "KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOLOM KOMENTAR AKUN\r\nINSTAGRAM @arinal_djunaidi DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA (File PDF)"^^ . . . "1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf"^^ . . . "KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOLOM KOMENTAR AKUN\r\nINSTAGRAM @arinal_djunaidi DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA (File PDF)"^^ . . . "KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOLOM KOMENTAR AKUN\r\nINSTAGRAM @arinal_djunaidi DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA (File PDF)"^^ . . . "3. SKRIPAI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOLOM KOMENTAR AKUN\r\nINSTAGRAM @arinal_djunaidi DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOLOM KOMENTAR AKUN\r\nINSTAGRAM @arinal_djunaidi DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOLOM KOMENTAR AKUN\r\nINSTAGRAM @arinal_djunaidi DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOLOM KOMENTAR AKUN\r\nINSTAGRAM @arinal_djunaidi DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOLOM KOMENTAR AKUN\r\nINSTAGRAM @arinal_djunaidi DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOLOM KOMENTAR AKUN\r\nINSTAGRAM @arinal_djunaidi DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOLOM KOMENTAR AKUN\r\nINSTAGRAM @arinal_djunaidi DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOLOM KOMENTAR AKUN\r\nINSTAGRAM @arinal_djunaidi DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOLOM KOMENTAR AKUN\r\nINSTAGRAM @arinal_djunaidi DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOLOM KOMENTAR AKUN\r\nINSTAGRAM @arinal_djunaidi DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOLOM KOMENTAR AKUN\r\nINSTAGRAM @arinal_djunaidi DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOLOM KOMENTAR AKUN\r\nINSTAGRAM @arinal_djunaidi DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOLOM KOMENTAR AKUN\r\nINSTAGRAM @arinal_djunaidi DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOLOM KOMENTAR AKUN\r\nINSTAGRAM @arinal_djunaidi DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOLOM KOMENTAR AKUN\r\nINSTAGRAM @arinal_djunaidi DAN IMPLIKASINYA TERHADAP\r\nPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #87065 \n\nKESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOLOM KOMENTAR AKUN \nINSTAGRAM @arinal_djunaidi DAN IMPLIKASINYA TERHADAP \nPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . .