?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=STUDI+PELAYANAN+IDENTITAS+KEPENDUDUKAN+DIGITAL+(IKD)+DI%0D%0AKOTA+BANDAR+LAMPUNG+DAN+KOTA+MALANG%0D%0A%0D%0A&rft.creator=+VELLY%2C++BERCILIA+SANDAYU+&rft.subject=300+Ilmu+sosial&rft.description=%0D%0AIdentitas+Kependudukan+Digital+(IKD)+merupakan+inovasi+dalam+administrasi%0D%0Akependudukan+yang+bertujuan+meningkatkan+efisiensi+dan+keamanan+layanan%0D%0Aidentitas+masyarakat.+Namun%2C+implementasinya+menunjukkan+perbedaan%0D%0Aresponsivitas+antar+daerah.+Penelitian+ini+membandingkan+tingkat+responsivitas%0D%0Apelayanan+IKD+di+Kota+Bandar+Lampung+dan+Kota+Malang+berdasarkan+teori%0D%0AZeithaml+et+al.%2C+(1988)%2C+yang+mencakup+enam+indikator%3A+merespons+pemohon%2C%0D%0Apelayanan+cepat%2C+pelayanan+tepat%2C+pelayanan+cermat%2C+tepat+waktu%2C+dan+merespons%0D%0Akeluhan.+Menggunakan+metode+kualitatif+studi+kasus+melalui+wawancara%2C%0D%0Aobservasi%2C+dan+dokumentasi.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+Kota+Malang%0D%0Alebih+responsif+dibandingkan+Kota+Bandar+Lampung%2C+dengan+empat+indikator%0D%0Aterpenuhi%2C+sedangkan+Kota+Bandar+Lampung+hanya+memenuhi+dua+indikator.+Kota%0D%0AMalang+unggul+dalam+merespons+pemohon%2C+pelayanan+tepat%2C+cermat%2C+merespons%0D%0Akeluhan+meskipun+masih+terdapat+kendala+dalam+ketepatan+waktu+pelayanan.%0D%0ASementara+Kota+Bandar+Lampung+masih+menghadapi+kendala+pelayanan+dalam%0D%0Amerespons+pemohon%2C+pelayanan+cepat%2C+cermat+dan+pelayanan+tepat+yang+berdampak%0D%0Apada+perspektif+masyrakat+terhadap+disdukcapil.%0D%0A%0D%0ASelain+itu%2C+temuan+penting+dalam+penelitian+ini+menunjukkan+adanya+penolakan%0D%0Aterhadap+gratifikasi+oleh+petugas+pelayanan%2C+yang+menegaskan+bahwa+responsivitas%0D%0Atidak+dapat+dikompromikan+dengan+janji+atau+kepentingan+pribadi.+Responsivitas%0D%0Amerupakan+kewajiban+mutlak+aparatur+sebagai+pelayan+publik+yang+menjunjung%0D%0Aetika+birokrasi.+Pelayanan+publik+seperti+IKD+tetap+menggunakan+anggaran+negara%0D%0Adan+berdampak+pada+alokasi+pelayanan+lain.+Oleh+karena+itu%2C+kegagalan%0D%0Aimplementasi+bukan+kesalahan+masyarakat%2C+melainkan+tanggung+jawab+penuh%0D%0Aaparatur+pelaksana+dalam+memastikan+layanan+publik+berjalan+optimal+dan%0D%0Aberintegritas.%0D%0A%0D%0A%0D%0AKata+Kunci%3A+Responsivitas%2C+Pelayanan+Publik%2C+Identitas+Kependudukan%0D%0ADigital+(IKD)%2C+Disdukcapil%2C+Digitalisasi+Administrasi+Kependudukan+&rft.publisher=FAKULTAS+ILMU+SOSIAL+DAN+ILMU+POLITIK&rft.date=2025-05-05&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87067%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87067%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87067%2F3%2FSKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=+++VELLY%2C+BERCILIA+SANDAYU+++(2025)+STUDI+PELAYANAN+IDENTITAS+KEPENDUDUKAN+DIGITAL+(IKD)+DI+KOTA+BANDAR+LAMPUNG+DAN+KOTA+MALANG.++FAKULTAS+ILMU+SOSIAL+DAN+ILMU+POLITIK%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87067%2F