%0 Generic %A VELLY, BERCILIA SANDAYU %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:87067 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T STUDI PELAYANAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL (IKD) DI KOTA BANDAR LAMPUNG DAN KOTA MALANG %U http://digilib.unila.ac.id/87067/ %X Identitas Kependudukan Digital (IKD) merupakan inovasi dalam administrasi kependudukan yang bertujuan meningkatkan efisiensi dan keamanan layanan identitas masyarakat. Namun, implementasinya menunjukkan perbedaan responsivitas antar daerah. Penelitian ini membandingkan tingkat responsivitas pelayanan IKD di Kota Bandar Lampung dan Kota Malang berdasarkan teori Zeithaml et al., (1988), yang mencakup enam indikator: merespons pemohon, pelayanan cepat, pelayanan tepat, pelayanan cermat, tepat waktu, dan merespons keluhan. Menggunakan metode kualitatif studi kasus melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kota Malang lebih responsif dibandingkan Kota Bandar Lampung, dengan empat indikator terpenuhi, sedangkan Kota Bandar Lampung hanya memenuhi dua indikator. Kota Malang unggul dalam merespons pemohon, pelayanan tepat, cermat, merespons keluhan meskipun masih terdapat kendala dalam ketepatan waktu pelayanan. Sementara Kota Bandar Lampung masih menghadapi kendala pelayanan dalam merespons pemohon, pelayanan cepat, cermat dan pelayanan tepat yang berdampak pada perspektif masyrakat terhadap disdukcapil. Selain itu, temuan penting dalam penelitian ini menunjukkan adanya penolakan terhadap gratifikasi oleh petugas pelayanan, yang menegaskan bahwa responsivitas tidak dapat dikompromikan dengan janji atau kepentingan pribadi. Responsivitas merupakan kewajiban mutlak aparatur sebagai pelayan publik yang menjunjung etika birokrasi. Pelayanan publik seperti IKD tetap menggunakan anggaran negara dan berdampak pada alokasi pelayanan lain. Oleh karena itu, kegagalan implementasi bukan kesalahan masyarakat, melainkan tanggung jawab penuh aparatur pelaksana dalam memastikan layanan publik berjalan optimal dan berintegritas. Kata Kunci: Responsivitas, Pelayanan Publik, Identitas Kependudukan Digital (IKD), Disdukcapil, Digitalisasi Administrasi Kependudukan