?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2013024055&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=ANALISIS+KEMAMPUAN+PEMECAHAN+MASALAH+SISWA+PADA+MATERI+POKOK+BIOTEKNOLOGI+DENGAN++MODEL+ARGUMENT-DRIVEN+INQUIRY+BERBASIS+STEM&rft.creator=Fathiyah%2C+Ghina+Ar+Khansa&rft.subject=570+Biologi&rft.subject=607+Pendidikan%2C+riset%2C+topik+terkait&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+menganalisis+kemampuan+pemecahan+masalah+siswa+pada+materi+pokok+Bioteknologi+dengan+model+Argument-Driven+Inquiry+berbasis+STEM+di+SMA+Negeri+1+Trimurjo.+Penelitian+ini+termasuk+jenis+quasy+experiment+dengan+desain+pre-test+post-test+non-equivalent+control+group.+Subjek+penelitian+terdiri+dari+63+siswa+kelas+X+yang+diambil+dari+populasi+berjumlah+158+siswa+melalui+teknik+random+sampling.+Data+kemampuan+pemecahan+masalah+diperoleh+melalui+tes+dan+dianalisis+menggunakan+uji+Independent+sample+t-test.+Sementara+itu%2C++data+tanggapan+siswa+terhadap+model+ADI-STEM+dikumpulkan+melalui+angket+dan+dianalisis+secara+deskriptif.+Hasil+penelitian+menunjukkan+adanya+perbedaan+signifikan+pada+nilai+N-Gain+(P%3C0%2C05)+antara+kelas+yang+menggunakan+model+ADI-STEM+dengan+model+Discovery+Learning+terhadap+kemampuan+pemecahan+masalah+siswa.+Pada+kelas+eksperimen%2C+indikator+kemampuan+pemecahan+masalah+tertinggi+adalah+merencanakan+penyelesaian+masalah+dengan+N-Gain++sebesar+0%2C720+(kategori+tinggi)%2C+sedangkan+indikator+terendah+adalah+memeriksa+kembali+hasil+dengan+N-Gain+sebesar+0%2C420+(kategori+sedang).+Di+sisi+lain%2C+pada+kelas+kontrol%2C+kemampuan+pemecahan+masalah+siswa+yang+tertinggi+adalah+merencanakan+penyelesaian+masalah+dengan+N-Gain+sebesar+0%2C387+(kategori+sedang)%2C+sedangkan+indikator+terendah+adalah+melaksanakan+penyelesaian+masalah+dengan+N-Gain+sebesar+0%2C250+(kategori+rendah).+Berdasarkan+hasil+angket+tanggapan+siswa%2C+didapatkan+rata-rata+persentase+91%2C601%25++yang+menunjukkan+bahwa+menurut+siswa%2C+model+Argument-Driven+Inquiry+berbasis+STEM+sangat+baik+digunakan+untuk+meningkatkan+kemampuan+pemecahan+masalah+siswa.%0D%0A%0D%0AKata+Kunci%3A+Kemampuan+Pemecahan+Masalah%2C+Model+Argument-Driven+Inquiry+berbasis+STEM%2C+Bioteknologi&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-04-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87072%2F1%2F1.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87072%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87072%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Fathiyah%2C+Ghina+Ar+Khansa++(2025)+ANALISIS+KEMAMPUAN+PEMECAHAN+MASALAH+SISWA+PADA+MATERI+POKOK+BIOTEKNOLOGI+DENGAN+MODEL+ARGUMENT-DRIVEN+INQUIRY+BERBASIS+STEM.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87072%2F