%0 Generic %A Fathiyah, Ghina Ar Khansa %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:87072 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POKOK BIOTEKNOLOGI DENGAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY BERBASIS STEM %U http://digilib.unila.ac.id/87072/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok Bioteknologi dengan model Argument-Driven Inquiry berbasis STEM di SMA Negeri 1 Trimurjo. Penelitian ini termasuk jenis quasy experiment dengan desain pre-test post-test non-equivalent control group. Subjek penelitian terdiri dari 63 siswa kelas X yang diambil dari populasi berjumlah 158 siswa melalui teknik random sampling. Data kemampuan pemecahan masalah diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan uji Independent sample t-test. Sementara itu, data tanggapan siswa terhadap model ADI-STEM dikumpulkan melalui angket dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada nilai N-Gain (P<0,05) antara kelas yang menggunakan model ADI-STEM dengan model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Pada kelas eksperimen, indikator kemampuan pemecahan masalah tertinggi adalah merencanakan penyelesaian masalah dengan N-Gain sebesar 0,720 (kategori tinggi), sedangkan indikator terendah adalah memeriksa kembali hasil dengan N-Gain sebesar 0,420 (kategori sedang). Di sisi lain, pada kelas kontrol, kemampuan pemecahan masalah siswa yang tertinggi adalah merencanakan penyelesaian masalah dengan N-Gain sebesar 0,387 (kategori sedang), sedangkan indikator terendah adalah melaksanakan penyelesaian masalah dengan N-Gain sebesar 0,250 (kategori rendah). Berdasarkan hasil angket tanggapan siswa, didapatkan rata-rata persentase 91,601% yang menunjukkan bahwa menurut siswa, model Argument-Driven Inquiry berbasis STEM sangat baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Argument-Driven Inquiry berbasis STEM, Bioteknologi