creators_name: Fathiyah, Ghina Ar Khansa creators_id: 2013024055 type: other datestamp: 2025-05-19 08:19:29 lastmod: 2025-05-19 08:19:29 metadata_visibility: show title: ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POKOK BIOTEKNOLOGI DENGAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY BERBASIS STEM ispublished: pub subjects: 570 subjects: 607 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi pokok Bioteknologi dengan model Argument-Driven Inquiry berbasis STEM di SMA Negeri 1 Trimurjo. Penelitian ini termasuk jenis quasy experiment dengan desain pre-test post-test non-equivalent control group. Subjek penelitian terdiri dari 63 siswa kelas X yang diambil dari populasi berjumlah 158 siswa melalui teknik random sampling. Data kemampuan pemecahan masalah diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan uji Independent sample t-test. Sementara itu, data tanggapan siswa terhadap model ADI-STEM dikumpulkan melalui angket dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada nilai N-Gain (P<0,05) antara kelas yang menggunakan model ADI-STEM dengan model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Pada kelas eksperimen, indikator kemampuan pemecahan masalah tertinggi adalah merencanakan penyelesaian masalah dengan N-Gain sebesar 0,720 (kategori tinggi), sedangkan indikator terendah adalah memeriksa kembali hasil dengan N-Gain sebesar 0,420 (kategori sedang). Di sisi lain, pada kelas kontrol, kemampuan pemecahan masalah siswa yang tertinggi adalah merencanakan penyelesaian masalah dengan N-Gain sebesar 0,387 (kategori sedang), sedangkan indikator terendah adalah melaksanakan penyelesaian masalah dengan N-Gain sebesar 0,250 (kategori rendah). Berdasarkan hasil angket tanggapan siswa, didapatkan rata-rata persentase 91,601% yang menunjukkan bahwa menurut siswa, model Argument-Driven Inquiry berbasis STEM sangat baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Argument-Driven Inquiry berbasis STEM, Bioteknologi date: 2025-04-23 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 2013024055 citation: Fathiyah, Ghina Ar Khansa (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI POKOK BIOTEKNOLOGI DENGAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY BERBASIS STEM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/87072/1/1.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87072/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87072/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf