TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints87077 UR - http://digilib.unila.ac.id/87077/ A1 - TRIANA , SOFIA Y1 - 2024/05/02/ N2 - Kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy merupakan komponen yang sangat penting dalam pembelajaran fisika. Self efficacy yang rendah akan mempengaruhi kemampuan mahasiswa dalam pemecahan masalah dan sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis case method berbantuan virtual laboratory terhadap self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah fisika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tingkat pertama pada Jurusan PMIPA, Universitas Lampung. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling, dengan mempertimbangkan mahasiswa tingkat pertama Jurusan PMIPA yang mengambil mata kuliah Fisika Dasar, sehingga diperoleh kelas 23A Pendidikan Kimia sebagai kelas eksperimen dan kelas 23B sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini menggunakan Nonrandomized Control Group Pretest Posttest Design. Data dikumpulkan melalui tes dan angket. Data dianalisis deskriptif menggunakan uji Independent Sample T-Test, uji effect size, dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan pembelajaran berbasis case method berbantuan virtual laboratory, self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah fisika mengalami peningkatan dengan hasil uji Independent Sample T-Test masing- masing sebesar 0,004 dan 0,002 serta nilai Cohen?s d sebesar 0,50. Selanjutnya, hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara self efficacy dan kemampuan pemecahan masalah fisika. Kata kunci: Case Method, Virtual Laboratory, Self Efficacy, Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS CASE METHOD BERBANTUAN VIRTUAL LABORATORY TERHADAP SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA AV - restricted ER -