<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "KESANTUNAN BERTUTUR TOKOH DALAM FILM\r\n“MERINDU CAHAYA DE AMSTEL” KARYA HADRAH DAENG RATU\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\n\r\nBAHASA INDONESIA DI SMA"^^ . "Masalah yang diangkat dalam penelitian ini mengenai kesantunan berbahasa.\r\nKesantunan berbahasa yang diteliti dalam penelitian ini adalah kesantunan\r\nbertutur tokoh dalam film “Merindu Cahaya De Amstel” karya Hadrah Daeng\r\nRatu. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kesantunan bertutur tokoh\r\ndalam film “Merindu Cahaya De Amstel” karya Hadrah Daeng Ratu baik itu\r\nkesantunan dalam tindak tutur langsung maupun tindak tutur tidak langsung.\r\nPenelitian ini akan diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.\r\nMetode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Deskriptif\r\nkualitatif yang dimaksudkan dalam penelitian ini mengacu pada kesantunan\r\nbertutur tokoh dalam film “Merindu Cahaya De Amstel” karya Hadrah Daeng\r\nRatu berbentuk penjelasan dengan menggunakan kata-kata. Data dalam penelitian\r\nini adalah tuturan tokoh film “Merindu Cahaya De Amstel” karya Hadrah Daeng\r\nRatu yang mengandung kesantunan. Sumber data penelitian adalah seluruh\r\ntuturan tokoh yang ditranskripsikan menjadi dialog tokoh film “Merindu Cahaya\r\nDe Amstel” karya Hadrah Daeng Ratu. Teknik yang digunakan untuk\r\nmengumpulkan dan menganalisis data adalah teknik catatan lapangan dan teknik\r\nanalisis heuristik.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan adanya penaatan dan pelanggaran kesantunan\r\ndalam tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung. Penaatan kesantunan\r\ndalam tindak tutur langsung terdapat 45 data berdasarkan enam maksim\r\nkesantunan yang ditandai dengan penanda kesantunan. Data yang paling banyak\r\nditemukan pada penaatan kesantunan dalam tindak tutur langsung adalah maksim\r\nkesepakatan dan data yang paling sedikit adalah maksim kerendahan hati.\r\nPenanda kesantunan yang muncul pada penataan kesantunan dalam tindak tutur\r\nlangsung adalah ayo, maaf, mohon, hendak, terima kasih, silakan, harap, sudi,\r\ncukup, dan baik. Pelanggaran kesantunan dalam tindak tutur langsung juga berdasarkan maksim kesantunan dengan jumlah data yaitu 32 data. Data yang\r\npaling banyak ditemukan pada pelanggaran kesantunan dalam tindak tutur\r\nlangsung adalah maksim kesepakatan dan data yang paling sedikit adalah maksim\r\nkerendahan hati. Pada tindak tutur tidak langsung juga terdapat penaatan\r\nkesantunan yang berdasarkan tuturan interogatif dan deklaratif untuk\r\nmengekspresikan tuturan perintah, permohonan, ajakan, memberikan informasi,\r\nlarangan, persilaan, dan tawaran dengan jumlah data yaitu 42 data. Pelanggaran\r\nkesantunan dalam tindak tutur tidak langsung yaitu berdasarkan maksim\r\nkesantunan, ditemukan sebanyak 20 data. Hasil dari penelitian ini lalu\r\ndiimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMA yang berbasis\r\nkurikulum merdeka, berupa tambahan materi atau contoh dalam modul ajar, untuk\r\nfase F kelas XI. Modul ajar ini harapannya dapat menjadi sumber inspirasi bagi\r\nguru dalam merancang pembelajaran bahasa Indonesia materi “Menulis Drama”.\r\nModul ajar ini dilengkapi dengan profil pancasila yang diharapkan dapat dicapai.\r\nLalu, Capaian Pembelajaran (CP) yang difokuskan dalam modul ini adalah\r\nelemen menyimak dan berbicara/mempresentasikan.\r\nKata Kunci: kesantunan, tindak tutur langsung, tindak tutur tidak\r\nlangsung,maksim kesantunan, implikasi, kurikulum merdeka"^^ . "2024-05-06" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . "-"^^ . "Suryaningsih\t"^^ . "- Suryaningsih\t"^^ . . . . . . "KESANTUNAN BERTUTUR TOKOH DALAM FILM\r\n“MERINDU CAHAYA DE AMSTEL” KARYA HADRAH DAENG RATU\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\n\r\nBAHASA INDONESIA DI SMA (File PDF)"^^ . . . "1. ABSTRAK - Suryaningsih Suryaningsih.pdf"^^ . . . "KESANTUNAN BERTUTUR TOKOH DALAM FILM\r\n“MERINDU CAHAYA DE AMSTEL” KARYA HADRAH DAENG RATU\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\n\r\nBAHASA INDONESIA DI SMA (File PDF)"^^ . . . "KESANTUNAN BERTUTUR TOKOH DALAM FILM\r\n“MERINDU CAHAYA DE AMSTEL” KARYA HADRAH DAENG RATU\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\n\r\nBAHASA INDONESIA DI SMA (File PDF)"^^ . . . "3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Suryaningsih Suryaningsih.pdf"^^ . . . "KESANTUNAN BERTUTUR TOKOH DALAM FILM\r\n“MERINDU CAHAYA DE AMSTEL” KARYA HADRAH DAENG RATU\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\n\r\nBAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "KESANTUNAN BERTUTUR TOKOH DALAM FILM\r\n“MERINDU CAHAYA DE AMSTEL” KARYA HADRAH DAENG RATU\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\n\r\nBAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "KESANTUNAN BERTUTUR TOKOH DALAM FILM\r\n“MERINDU CAHAYA DE AMSTEL” KARYA HADRAH DAENG RATU\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\n\r\nBAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "KESANTUNAN BERTUTUR TOKOH DALAM FILM\r\n“MERINDU CAHAYA DE AMSTEL” KARYA HADRAH DAENG RATU\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\n\r\nBAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KESANTUNAN BERTUTUR TOKOH DALAM FILM\r\n“MERINDU CAHAYA DE AMSTEL” KARYA HADRAH DAENG RATU\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\n\r\nBAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KESANTUNAN BERTUTUR TOKOH DALAM FILM\r\n“MERINDU CAHAYA DE AMSTEL” KARYA HADRAH DAENG RATU\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\n\r\nBAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KESANTUNAN BERTUTUR TOKOH DALAM FILM\r\n“MERINDU CAHAYA DE AMSTEL” KARYA HADRAH DAENG RATU\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\n\r\nBAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KESANTUNAN BERTUTUR TOKOH DALAM FILM\r\n“MERINDU CAHAYA DE AMSTEL” KARYA HADRAH DAENG RATU\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\n\r\nBAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "KESANTUNAN BERTUTUR TOKOH DALAM FILM\r\n“MERINDU CAHAYA DE AMSTEL” KARYA HADRAH DAENG RATU\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\n\r\nBAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "KESANTUNAN BERTUTUR TOKOH DALAM FILM\r\n“MERINDU CAHAYA DE AMSTEL” KARYA HADRAH DAENG RATU\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\n\r\nBAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "KESANTUNAN BERTUTUR TOKOH DALAM FILM\r\n“MERINDU CAHAYA DE AMSTEL” KARYA HADRAH DAENG RATU\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\n\r\nBAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "KESANTUNAN BERTUTUR TOKOH DALAM FILM\r\n“MERINDU CAHAYA DE AMSTEL” KARYA HADRAH DAENG RATU\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\n\r\nBAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KESANTUNAN BERTUTUR TOKOH DALAM FILM\r\n“MERINDU CAHAYA DE AMSTEL” KARYA HADRAH DAENG RATU\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\n\r\nBAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KESANTUNAN BERTUTUR TOKOH DALAM FILM\r\n“MERINDU CAHAYA DE AMSTEL” KARYA HADRAH DAENG RATU\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\n\r\nBAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KESANTUNAN BERTUTUR TOKOH DALAM FILM\r\n“MERINDU CAHAYA DE AMSTEL” KARYA HADRAH DAENG RATU\r\nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN\r\n\r\nBAHASA INDONESIA DI SMA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #87100 \n\nKESANTUNAN BERTUTUR TOKOH DALAM FILM \n“MERINDU CAHAYA DE AMSTEL” KARYA HADRAH DAENG RATU \nDAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN \n \nBAHASA INDONESIA DI SMA\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "400 Bahasa" . .