%0 Generic %A Anggini , Mareta %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:87105 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T ANALISIS KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI 1 METRO PUSAT %U http://digilib.unila.ac.id/87105/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah keterampilan menyimak dongeng pada peserta didik yang belum tuntas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterampilan menyimak dongeng peserta didik kelas III SD Negeri 1 Metro Pusat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Sumber data penelitian terdiri dari: pendidik, peserta didik, kepala sekolah serta sumber data hasil observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik sudah menguasai kemampuan memahami, kemampuan menganalisis, dan kemampuan menyintesis dalam keterampilan menyimak dongeng. Kata Kunci: dongeng, keterampilan menyimak, pembelajaran tematik. The problem in this study is the skill of listening to fairy tales in students who have not been completed. The purpose of this study was to describe the listening skills of third grade students of SD Negeri 1 Metro Pusat. The research method used in this research is descriptive qualitative. Data collection techniques using interviews, observation, and documentation. Data analysis uses the Miles and Huberman model. The research data sources consisted of: educators, students, principals as well as data sources from observations and document studies. The results showed that students had mastered the ability to understand, the ability to analyze, and the ability to synthesize in the skill of listening to fairy tales. Keywords: fairy tales, listening skills, thematic learning