TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints87128 UR - http://digilib.unila.ac.id/87128/ A1 - NITA, YULISTIANA Y1 - 2025/02/13/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh positif model problem based learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Sampel menggunakan sampling jenuh, sebanyak 44 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Metro Timur. Sehingga, problem based learning dapat dijadikan alternatif bagi pendidik dalam pemilihan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar. Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran, problem based learning. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 5 METRO TIMUR AV - restricted ER -