creators_name: NITA, YULISTIANA creators_id: 2013053122 type: other datestamp: 2025-05-19 07:12:37 lastmod: 2025-05-19 07:12:37 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 5 METRO TIMUR ispublished: pub subjects: 370 subjects: 372 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh positif model problem based learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group design. Sampel menggunakan sampling jenuh, sebanyak 44 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Metro Timur. Sehingga, problem based learning dapat dijadikan alternatif bagi pendidik dalam pemilihan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar. Kata Kunci: hasil belajar, model pembelajaran, problem based learning. date: 2025-02-13 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 2013053122 citation: NITA, YULISTIANA (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 5 METRO TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/87128/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87128/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87128/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf