TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints87146 UR - http://digilib.unila.ac.id/87146/ A1 - DESI , APRILIA Y1 - 2024/06/12/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis pendekatan saintifik, mendeskripsikan validitas, karakteristik e-LKPD, tanggapan guru dan peserta didik terhadap e-LKPD yang dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan mengikuti 3 tahapan model ADDIE menurut Branch dari lima tahap, yaitu analyze, design, develop. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari angket analisis kebutuhan guru dan peserta didik, angket validasi ahli, angket tanggapan guru dan peserta didik. Sumber data diperoleh dari dua validator, serta guru dan peserta didik di SMAN 10, SMAN 14, dan SMAN 15 Bandar Lampung. Analisis data menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Karakteristik e-LKPD yang dikembangkan merujuk pada langkah-langkah pembelajaran berbasis pendekatan saintifik, melatihkan keterampilan mengamati dan mengklasifikasikan. Hasil validasi ahli pada aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan memiliki kriteria sangat tinggi. Hasil tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi, konstruksi dan keterbacaan serta hasil tanggapan peserta didik pada aspek kemenarikan dan keterbacaan memiliki kriteria sangat tinggi. Dengan demikian, e-LKPD berbasis pendekatan saintifik berorientasi pada keterampian mengamati dan mengklasifikasikan pada materi asam basa dikatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: e-LKPD, pendekatan saintifik, keterampilan mengamati dan mengklasifikasikan PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK BERORIENTASI PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGAMATI DAN MENGKLASIFIKASIKAN PADA MATERI ASAM BASA AV - restricted ER -