title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS NYERUIT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI creator: Aulia, Gusnita Pemuka subject: 370 Pendidikan description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model problem based learning berbasis etnosains nyeruit untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi faktor-faktor yang laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Penengahan. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Peng- ambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pada penelitian ini digunakan metode kuasi eksperimen dengan design nonequivalent control group. Pengaruh model problem-based learning berbasis etnosains nyeruit dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dan uji effect size terhadap hasil belajar siswa Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai postest siswa di kelas eksperimen yang menggunakan model PBL berbasis etnosains lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai n-Gain siswa di kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa LKPD PBL berbasis etnosains berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Kata kunci : Problem-based learning, Etnosains, Hasil Belajar, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-06-14 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87151/1/Abstrak%20-%20aulia%20gusnita%20pemuka.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87151/2/SKRIPSI%20FULL%20-%20aulia%20gusnita%20pemuka.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87151/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20aulia%20gusnita%20pemuka.pdf identifier: Aulia, Gusnita Pemuka (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS NYERUIT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/87151/