%0 Generic %A Aulia, Gusnita Pemuka %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:87151 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS NYERUIT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI %U http://digilib.unila.ac.id/87151/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model problem based learning berbasis etnosains nyeruit untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi faktor-faktor yang laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Penengahan. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Peng- ambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Pada penelitian ini digunakan metode kuasi eksperimen dengan design nonequivalent control group. Pengaruh model problem-based learning berbasis etnosains nyeruit dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dan uji effect size terhadap hasil belajar siswa Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai postest siswa di kelas eksperimen yang menggunakan model PBL berbasis etnosains lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai n-Gain siswa di kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa LKPD PBL berbasis etnosains berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Kata kunci : Problem-based learning, Etnosains, Hasil Belajar, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi.