<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT SOFTSKILL ASSESSMENT PADA\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOLABORASI, KETERAMPILAN\r\nKOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN SOSIAL\r\n\r\nPESERTA DIDIK"^^ . "Penelitian dilakukan bertujuan untuk menghasilkan perangkat soft skill assessment\r\npada pembelajaran berbasis masalah yang valid, praktis, dan efektif dalam menilai\r\nketerampilan kolaborasi, komunikasi dan sosial peserta didik. Jenis penelitian yang\r\ndigunakan adalah model pengembangan 4-D terdiri dari 4 tahapan, yaitu define,\r\ndesign, develop, disseminate. Pada tahap define dilakukan studi pendahuluan\r\nberupa analisis kebutuhan dan studi literatur kemudian perumusan tujuan. Pada\r\ntahap design dilakukan penentuan produk, membuat design produk dan merancang\r\nperangkat softskill assessment. Pada tahap develop dilakukan uji lapangan awal\r\nberupa validasi ahli, revisi produk, uji lapangan utama untuk mendapatkan data\r\nkepraktisan dan keefektifan produk, kemudian didapatkan produk akhir. Pada tahap\r\ndisseminate dilakukan penyebaran produk dalam skala besar, namun penelitian ini\r\nhanya sampai tahap develop dikarenakan keterbatasan waktu penelitian. Sampel\r\npenelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Padang Cermin, Lampung.\r\nTeknik pengumpulan data menggunakan angket penilaian diri (self assessment), dan\r\ndokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan deskriptif\r\npersentase untuk validasi ahli praktisi, dan efektifitas dan analisis kuantitatif dengan\r\nprogram SPSS untuk efektifitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat soft\r\nskill assessment pada pembeajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan\r\nkolaborasi, komunikasi dan sosial peserta didik di SMA yang dikembangkan dengan\r\nkelayakan teoritis, praktis, dan efektif.\r\nKata Kunci: Keterampilan Kolaborasi, Keterampilan Komunikasi, Keterampilan Sosial,\r\nProblem Based Learning, Soft Skill Assessment\r\n\r\nThe research aims to produce the instrument soft skill assessment in problem-based\r\nlearning that are valid, practical, and effective in assessing students' collaboration,\r\ncommunication, and social skills. This research uses the 4-D development model\r\nconsisting of four stages: define, design, develop, and disseminate. At the define\r\nstage, a preliminary study is carried out in the form of a needs analysis and literature\r\nstudy, then the formulation of objectives. At the design stage, product determination\r\nis carried out, product design is created and the instrument soft skills assessment is\r\ndesigned. At the development stage, initial field tests are carried out in the form of\r\nexpert validation, product revisions, main field tests to obtain data on the\r\npracticality and effectiveness of the product, then the final product is obtained. At\r\nthe disseminate stage, product distribution was carried out on a large scale, but this\r\nresearch only reached the development stage due to limited research time. The\r\nresearch sample consists of tenth-grade students at SMA N 1 Padang Cermin,\r\nLampung. Data collection techniques include methods such as self assessment\r\nquestionnaires and documentation. Data analysis employs qualitative analysis with\r\ndescriptive percentage for expert practitioner validation, effectiveness, and\r\nquantitative analysis using SPSS for effectiveness. The results of this study indicate\r\nthat the instrument soft skill assessment in problem-based learning to improve\r\nstudents' collaboration, communication, and social skills in high schools are\r\ndeveloped with theoretical, practical, and effective feasibility.\r\nKey Words: Collaboration Skills, Communication Skills, Problem Based\r\nLearning, Social Skill, Soft Skills Assessment"^^ . "2024-06-03" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "Maria Ulfa \t"^^ . "Zahra "^^ . "Maria Ulfa \t Zahra "^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT SOFTSKILL ASSESSMENT PADA\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOLABORASI, KETERAMPILAN\r\nKOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN SOSIAL\r\n\r\nPESERTA DIDIK (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK - zahra maria ulfa.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT SOFTSKILL ASSESSMENT PADA\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOLABORASI, KETERAMPILAN\r\nKOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN SOSIAL\r\n\r\nPESERTA DIDIK (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT SOFTSKILL ASSESSMENT PADA\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOLABORASI, KETERAMPILAN\r\nKOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN SOSIAL\r\n\r\nPESERTA DIDIK (File PDF)"^^ . . . "TESIS FULL TANPA PEMBAHASAN - zahra maria ulfa.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT SOFTSKILL ASSESSMENT PADA\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOLABORASI, KETERAMPILAN\r\nKOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN SOSIAL\r\n\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT SOFTSKILL ASSESSMENT PADA\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOLABORASI, KETERAMPILAN\r\nKOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN SOSIAL\r\n\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT SOFTSKILL ASSESSMENT PADA\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOLABORASI, KETERAMPILAN\r\nKOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN SOSIAL\r\n\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT SOFTSKILL ASSESSMENT PADA\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOLABORASI, KETERAMPILAN\r\nKOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN SOSIAL\r\n\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT SOFTSKILL ASSESSMENT PADA\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOLABORASI, KETERAMPILAN\r\nKOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN SOSIAL\r\n\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT SOFTSKILL ASSESSMENT PADA\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOLABORASI, KETERAMPILAN\r\nKOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN SOSIAL\r\n\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT SOFTSKILL ASSESSMENT PADA\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOLABORASI, KETERAMPILAN\r\nKOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN SOSIAL\r\n\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT SOFTSKILL ASSESSMENT PADA\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOLABORASI, KETERAMPILAN\r\nKOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN SOSIAL\r\n\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT SOFTSKILL ASSESSMENT PADA\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOLABORASI, KETERAMPILAN\r\nKOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN SOSIAL\r\n\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT SOFTSKILL ASSESSMENT PADA\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOLABORASI, KETERAMPILAN\r\nKOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN SOSIAL\r\n\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT SOFTSKILL ASSESSMENT PADA\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOLABORASI, KETERAMPILAN\r\nKOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN SOSIAL\r\n\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT SOFTSKILL ASSESSMENT PADA\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOLABORASI, KETERAMPILAN\r\nKOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN SOSIAL\r\n\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT SOFTSKILL ASSESSMENT PADA\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOLABORASI, KETERAMPILAN\r\nKOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN SOSIAL\r\n\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT SOFTSKILL ASSESSMENT PADA\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOLABORASI, KETERAMPILAN\r\nKOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN SOSIAL\r\n\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN PERANGKAT SOFTSKILL ASSESSMENT PADA\r\nPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, MENINGKATKAN\r\nKETERAMPILAN KOLABORASI, KETERAMPILAN\r\nKOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN SOSIAL\r\n\r\nPESERTA DIDIK (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #87153 \n\nPENGEMBANGAN PERANGKAT SOFTSKILL ASSESSMENT PADA \nPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, MENINGKATKAN \nKETERAMPILAN KOLABORASI, KETERAMPILAN \nKOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN SOSIAL \n \nPESERTA DIDIK\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . .