%0 Generic %A RESTI, UMI MELINDA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:87175 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING SKILL PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR %U http://digilib.unila.ac.id/87175/ %X Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV karena pendidik belum menggunakan model pembelajaran yang variatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi-experiment design) dengan desain penelitian yaitu non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Triharjo dengan jumlah 54 peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dari populasi dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dengan hasil Fhitung ≥ Ftabel (54,17 ≥ 4,26), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS peserta didik kelas IV di SD Negeri 1 Triharjo.