@misc{eprints87179, month = {Juni}, title = {PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-BOOK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN}, author = {NADYA CRISTI OSY }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/87179/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian dilaksanakan pada semester genap di SMP Gajah Mada Bandar Lampung. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan teknik Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel diambil menggunakan teknik Purposive sampling. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh melalui tes dan angket. Hasil nilai pretest-posttest pada kelas eksperimen yang menggunakan model PBL mendapat skor nilai N-gain sebesar 0,52 kriteria ?sedang? dan diperoleh hasil uji normalitas N-gain pada kelas eksperimen sebesar Sig 0,076 {\ensuremath{>}} 0,05 dan pada kelas kontrol sebesar Sig 0,341 {\ensuremath{>}} 0,05. Uji homogenitas N-gain sebesar Sig 0,354 {\ensuremath{>}} 0,05. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test didapatkan nilai Sig (2-tailed) 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05, serta hasil uji Effect size sebesar 1,55. Hasil data angket tanggapan siswa terhadap model PBL berbantuan e-book sebesar 92,8\%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model PBL berbantuan e-book terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi pencemaran lingkungan. Kata kunci: e-book, literasi sains, pencemaran lingkungan, Problem Based Learning} }