?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+BERBANTU%0D%0AMEDIA+ASSEMBLER+EDU+TERHADAP+KEMAMPUAN%0D%0ALITERASI+SAINS+KELAS+VII+PADA+MATERI%0D%0AINTERAKSI+ANTAR+MAKHLUK+HIDUP&rft.creator=Nurul+%2C+Hidayah+%09&rft.subject=370+Pendidikan&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+pada+model+PBL+berbantu%0D%0Amedia+Assembler+edu+terhadap+kemampuan+literasi+sains+siswa+kelas+VII+pada%0D%0Amateri+interaksi+antar+makhluk+hidup.+Penelitian+ini+merupakan+penelitian%0D%0Aeksperimental+semu+(quasi+experimental)+dengan+desain+pada+penelitian+ini%0D%0Amenggunakan+pretest-posttest+equivalent.+Sampel+dalam+penelitian+ini+berjumlah%0D%0A62+peserta+didik+yang+terbagi+ke+dalam+kelas+VII+E+sebagai+kelas+eksperimen+dan%0D%0Akelas+VIII+F+sebagai+kelas+kontrol+yang+dipilih+melalui+teknik+purposive+sampling.%0D%0AData+dalam+penelitian+ini+diperoleh+melalui+tes+berbentuk+pilihan+jamak+untuk%0D%0Amengukur+kemampuan+literasi+sains+peserta+didik.+Selain+itu+diberikan+juga+angket%0D%0Asebagai+data+pendukung+yang+berisi+pertanyaan+mengenai+respon+peserta+didik%0D%0Aterhadap+pembelajaran+menggunakan+media+Assembler+edu.+Data+dianalisis+secara%0D%0Astatistik+menggunakan+Uji+Mann+Whitney-U+pada+taraf+signifikansi+5%25.+Hasil%0D%0Apenelitian+menunjukkan+kelas+eksperimen+mendapatkan+nilai+N-Gain+sebesar+0%2C73%0D%0Adengan+kategori+tinggi+dan+kelas+kontrol+mendapatkan+nilai+N-Gain+sebesar+0%2C47%0D%0Adengan+kategori+sedang.+Uji+Mann+Whitney-U+terhadap+nilai+N-Gain+menunjukkan%0D%0Ahasil+Sig.(2-+tailed)+0%2C00+%3C+0%2C05.+Hal+ini+menunjukkan+bahwa+terdapat+pengaruh%0D%0Amodel+pembelajaran+PBL+berbantu+media+Assembler+edu+terhadap+kemampuan%0D%0Aliterasi+sains+siswa+kelas+VII.+Hasil+angket+respon+siswa+yang+diperoleh%0D%0Amendapatkan+persentase+87%2C4%25+yang+dikategorikan+sangat+baik.%0D%0AKata+kunci+%3A+Problem+Based+Learning%2C+Assembler+edu%2C+Kemampuan+Literasi%0D%0A%0D%0ASains&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2024-06-10&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87180%2F1%2FAbstrak_Nurul%2520Hidayah%2520-%2520Nuy%2520Uy.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87180%2F2%2FSkripsi%2520Full_Nurul%2520Hidayah%2520-%2520Nuy%2520Uy.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87180%2F3%2FTanpa%2520Pembahasan_Nurul%2520Hidayah%2520-%2520Nuy%2520Uy.pdf&rft.identifier=++Nurul+%2C+Hidayah+++(2024)+PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+BERBANTU+MEDIA+ASSEMBLER+EDU+TERHADAP+KEMAMPUAN+LITERASI+SAINS+KELAS+VII+PADA+MATERI+INTERAKSI+ANTAR+MAKHLUK+HIDUP.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87180%2F