@misc{eprints8720, month = {April}, title = {PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 11 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015}, author = {1113053111 Tri Mei Adi Saputra}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/8720/}, abstract = { Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh signifikan penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intellegences terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 11 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan kelas VC sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Analisis data penelitian menggunakan uji statistik dengan bantuan program SPSS.20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences terhadap hasil belajar afektif siswa, (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences terhadap hasil belajar psikomotor siswa, (3) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences terhadap hasil belajar kognitif siswa, dan (4) terdapat pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran berbasis multiple intelligences terhadap hasil belajar keseluruhan siswa. Kata kunci: pembelajaran berbasis multiple intelligences, hasil belajar} }