?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENERAPAN+METODE+INKUIRI+UNTUK+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+PADA%0D%0AMATA+PELAJARAN+IPS+SISWA%0D%0AKELAS+IVB+SD+NEGERI+08%0D%0AMETRO+SELATAN&rft.creator=Rois+Sujimat%2C+1113053101&rft.subject=LB1501+Primary+Education&rft.description=%0D%0APenelitian+dilatarbelakangi+dari+hasil+observasi+pada+mata+pelajaran+IPS+di+kelas+IVB+SD+Negeri+08+Metro+Selatan%2C+yang+menunjukkan+bahwa+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+masih+rendah%2C+yaitu+42%25+dari+jumlah+siswa+belum+mencapai+Kriteria+Ketuntasan+Minimal+(KKM).+Tujuan+penelitian+adalah+untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+hasil+belajar+siswa+dengan+menerapkan+metode+inkuiri.%0D%0APenelitian+ini+adalah+Penelitian+Tindakan+Kelas+dengan+tahapan+setiap+siklus%2C+yaitu+perencanaan%2C+pelaksanaan%2C+observasi%2C+dan+refleksi.+Alat+pengumpul+data+penelitian+adalah+lembar+observasi+dan+soal+tes.+Teknik+analisis+data+menggunakan+analisis+kualitatif+dan+analisis+kuantitatif.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+pada+siklus+I+nilai+rata-rata+aktivitas+siswa+sebesar+73%2C41+dengan+persentase+siswa+aktif+50%25+(kategori+cukup+aktif).+Nilai+rata-rata+aktivitas+siswa+pada+siklus+II+meningkat+sebesar+8%2C29+sehingga+menjadi+81%2C70.+Terjadi+peningkatan+persentase+sebesar+28%2C57%25+sehingga+persentase+siswa+aktif+pada+siklus+II+mencapai+78%2C57%25+(kategori+aktif).+Nilai+hasil+belajar+siswa+pada+siklus+I+sebesar+66%2C79+dengan+persentase+ketuntasan+hasil+belajar+siswa+secara+klasikal+mencapai+58%2C33%25+(kriteria+sedang).+Nilai+hasil+belajar+pada+siklus+II+meningkat+sebesar+10%2C57+sehingga+menjadi+77%2C36.+Terjadi+peningkatan+persentase+ketuntasan+siswa+sebesar+27%2C38%25%2C+sehingga+ketuntasan+siswa+pada+siklus+II+mencapai+85%2C71%25+(kriteria+sangat+tinggi).%0D%0AKata+kunci+%3A+aktivitas%2C+hasil+belajar+siswa%2C+metode+inkuiri.&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2015-04-07&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8722%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8722%2F2%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8722%2F3%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8722%2F4%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8722%2F5%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8722%2F6%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8722%2F7%2FHALAMAN%2520PERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8722%2F8%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8722%2F9%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8722%2F10%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8722%2F11%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8722%2F12%2FDAFTAR%2520LAMPIRAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8722%2F13%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8722%2F15%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8722%2F112%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8722%2F16%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8722%2F19%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8722%2F17%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8722%2F18%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Rois+Sujimat%2C+1113053101++(2015)+PENERAPAN+METODE+INKUIRI+UNTUK+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+HASIL+BELAJAR+PADA+MATA+PELAJARAN+IPS+SISWA+KELAS+IVB+SD+NEGERI+08+METRO+SELATAN.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8722%2F